Apa Saja Dampak El Nino Terhadap Indonesia?

Senin, 15 Mei 2023 - 18:03 WIB
Mengutip laman Jabar Open Data, suhu panas yang dibawa El Nino dapat membuat nyamuk semakin ganas. Singkatnya, musim panas menjadi waktu puncak nyamuk untuk bertelur. Sedangkan suhu yang hangat sendiri bisa membuat siklus hidup mereka menjadi lebih cepat. Akibatnya, akan ada banyak telur yang menetas dan bisa membahayakan masyarakat.

Sementara itu, di sisi pertanian El Nino juga berpotensi membawa hama tanaman. Apabila benar terjadi, dampak tersebut bisa merusak tanaman dan mengurangi hasil panen.

3. Penurunan Kualitas Tanaman

Selain mengganggu musim tanam, El Nino juga dapat menjadi biang turunnya kualitas panen. Alasannya sederhana, dengan suhu yang tinggi dan kurangnya pasokan air, kualitas tanaman yang nantinya harus dipanen akan menurun.

Dalam hal ini, bisa saja hasil panen seperti buah atau sayuran menjadi lebih kecil, rasanya kurang enak, dan lain sebagainya.

Selain ketiga dampak di atas, fenomena El Nino ini juga dapat memunculkan potensi bahaya lain seperti kebakaran lahan hingga terganggunya pasokan pasar (pertanian).
(bim)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More