Mengerikan, Begini Dampak Asap Tebal Kebakaran Hutan di New York Terhadap Manusia

Jum'at, 09 Juni 2023 - 08:15 WIB

2. Kualitas Udara

Asap kebakaran hutan menciptakan polusi udara yang parah. Partikel-partikel yang dihasilkan oleh kebakaran termasuk bahan kimia beracun, gas-gas berbahaya seperti karbon monoksida (CO), nitrogen dioksida (NO2), dan senyawa organik volatil (VOCs).

Kualitas udara yang buruk dapat menyebabkan penurunan visibilitas, gangguan lalu lintas udara, dan risiko kesehatan yang signifikan bagi populasi yang terkena dampak.

3. Kerusakan Lingkungan

Kebakaran hutan dapat menyebabkan kerusakan yang luas pada ekosistem. Ini termasuk kerusakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Hewan-hewan yang tidak dapat melarikan diri atau bergantung pada vegetasi tertentu untuk makanan dan tempat berlindung dapat terancam punah.

Kebakaran hutan juga dapat menghancurkan sumber air, merusak kualitas tanah, dan meningkatkan risiko longsor tanah.

4. Perubahan Iklim

Asap kebakaran hutan mengeluarkan gas rumah kaca, terutama karbon dioksida (CO2), ke atmosfer. Peningkatan emisi gas rumah kaca berkontribusi pada pemanasan global dan perubahan iklim.

Selain itu, kehilangan vegetasi dan hutan yang diakibatkan oleh kebakaran mengurangi kemampuan alam untuk menyerap karbon dioksida melalui proses fotosintesis, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tingkat CO2 dalam atmosfer.



5. Ekonomi dan Sosial

Kebakaran hutan dapat memiliki dampak ekonomi dan sosial yang signifikan. Misalnya, industri kehutanan dan pertanian dapat mengalami kerugian besar karena kehilangan hutan dan lahan pertanian akibat kebakaran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More