Spesifikasi Challenger 2, Tank Tempur Canggih Inggris yang Dipasok ke Ukraina

Senin, 11 September 2023 - 14:02 WIB
Challenger 2 merupakan tank tempur utama tentara Inggris yang dikirim ke Ukraina. Foto/Military Today
JAKARTA - Tank Challenger 2 menjadi salah satu persenjataan yang dikirim ke Ukraina sebagai bagian bantuan militer. Keberadaannya diharapkan bisa mendukung kekuatan Kiev untuk bertempur dengan Moskow.

Sekadar informasi, Challenger 2 merupakan tank tempur utama tentara Inggris. Mereka dirancang sebagai penghancur tank lawan dan memiliki pengalaman operasi di berbagai medan konflik.

Tak kalah dengan deretan tank-tank kenamaan milik negara besar lain, Challenger 2 juga mempunyai perlengkapan canggih dan kemampuan yang mengerikan. Lebih jauh, berikut spesifikasi dari Challenger 2 yang bisa disimak.

Spesifikasi Tank Challenger 2



Challenger 2 adalah tank tempur canggih yang dirancang BAE Systems Land. Pada pengembangannya, tank ini ditujukan untuk menggantikan MBT Chieftain.



Mengutip laman Army Technology, Senin (11/9/2023), Challenger 2 mulai beroperasi bersama Angkatan Darat Inggris pada 1998. Tak hanya itu, tank ini juga turut digunakan oleh Oman.



Pada dapur pacunya, Challenger 2 dibekali mesin diesel Perkins Caterpillar CV12. Mesin ini bisa memberikan tenaga hingga 1.200 HP.

Tank tempur ini bisa mencatatkan kecepatan tertinggi di darat hingga 59 km/jam dan 40 km/jam di lintas alam. Sementara itu, jarak tempuhnya bisa mencapai 450 kilometer untuk perjalanan darat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More