15 Penemuan Luar Biasa yang Awalnya Ditertawakan dan Dihina

Kamis, 21 September 2023 - 09:05 WIB
Banyak penemuan luar biasa umat manusia yang awalnya dipandang sebelah mata. (Foto: Love Incorporated)
JAKARTA - Banyak penemuan luar biasa umat manusia yang awalnya dipandang sebelah mata lantaran dianggap lucu dan tidak berguna. Namun faktanya, penemuan-penemuan ini akhirnya berhasil mengubah dunia.

Dari masa ke masa para ilmuwan selalu berinovasi menemukan alat baru yang akan membantu memudahkan aktivitas manusia. Namun dalam perjalanannya riset-riset yang mereka lakukan tak berjalan mudah. Banyak tantangan mulai dari masalah pendanaan, norma-norma yang berlaku hingga produknya dianggap sebelah mata.

Berikut deretan penemuan luar biasa yang awalnya dipandang sebelah mata dikutip dari Love Money, Kamis (21/9/2023).

1. Garpu

Kapan garpu pertama kali ditemukan belum ada yang tahu. Namun garpu telah diperkenalkan ke dunia Barat pada abad ke-10 oleh putri Bizantium, Theophano Skleraina, istri Kaisar Romawi Otto II. Dia disokong putri Bizantium lainnya, Maria Argyropoulaina, yang menikah dengan putra Doge dari Venesia pada 1004.





Kedua putri tersebut diejek karena penggunaan alat berbentuk cabang yang aneh tersebut. Garpu baru mulai populer pada abad ke-16 ketika menjadi mode di Venesia, sebelum menyebar ke seluruh Italia. Namun, garpu terus dicemooh di tempat lain di Eropa dan baru diadopsi secara luas pada akhir abad ke-18.

2. Mesin Cetak

Meskipun percetakan balok kayu muncul di Tiongkok pada abad ke-7, mesin cetak pertama baru ditemukan sekitar tahun 1440 di Mainz, Jerman oleh Johannes Gutenberg. Penemuan ini mengubah umat manusia dan mengantarkan era modern. Namun seperti banyak penemuan revolusioner lainnya, alat ini mendapat banyak kritik.

Kepala biara Benediktin asal Jerman, Johannes Trithemius, berpendapat bahan cetakan tidak akan bertahan lama dan percaya tulisan yang ditulis di perkamen lebih cocok untuk bertahan dalam ujian waktu. Kritikus lain mengeluh buku cetak akan menyebabkan banyak hal, mulai dari informasi yang berlebihan hingga kekacauan politik, dan akan membuat para biksu di Eropa kehilangan pengaruh, sehingga merugikan perkembangan spiritual.

3. Payung

Saat ini payung adalah aksesori penting di musim hujan. Faktanya, orang pertama di Inggris yang memaki payung di jalanan, Jonas Hanway pada 1750-an, dihujani hinaan, dilempari sampah, hampir ditabrak dan dibunuh.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More