5 Fakta Horseshoe Crab, Kepiting Purba dengan Darah Biru

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 06:43 WIB
Kepiting tapal kuda memiliki kerangka luar yang keras dengan 10 kaki yang digunakan untuk berjalan di dasar laut. Foto: ist
JAKARTA - Horseshoe Crab atau kepiting tapal kuda adalah kepiting purba yang masih ada sampai saat ini. Kepiting yang memiliki nama latin Tachypleus gigas ini termasuk dalam filum arthropoda yang memiliki kekerabatan dengan kalajengking dan laba-laba.

Kepiting tapal kuda memiliki kerangka luar yang keras dengan 10 kaki yang digunakan untuk berjalan di dasar laut. Selain itu, ukuran tubuh kepiting jantan lebih kecil dibanding betina. Jantan memiliki ukuran 36-38 centimeter dan betina berukuran 46-48 centimeter dari kepala hingga ekor.

Berikut fakta lainnya dari kepiting tapal kuda:

1. Kepiting Purba

Kepiting tapal kuda adalah kepiting purba yang sudah ada lebih dari 400 juta tahun. Usianya membuatnya lebih tua dari dinosaurus. Kepiting tapal kuda terkadang disebut sebagai fosil hidup yang sudah dikenali sejak Periode Ordovisium.

2. Berdarah Biru



Kepiting tapal kuda memiliki darah berwarna biru karena tidak mengandung hemoglobin atau sel darah merah, melainkan mengandung hemosianin.

Hemosianin adalah protein pembawa oksigen dalam darah yang mengandung tembaga, sehingga ketika terkena udara, hemosianin akan memancarkan warna biru kehijauan.

3. Terdiri dari 3 Bagian Tubuh

Tubuhnya terdiri dari tiga bagian, yaitu prosoma atau kepala, opisthosoma atau perut, dan telson atau ekor. Pada bagian prosoma atau kepala, memiliki bentuk seperti kaki kuda yang berbentuk bulat dan U. Prosoma berisi banyak organ seperti otak, jantung, mulut, sistem saraf, dan kelenjar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More