6 Fakta Rusa Kutub, Hewan Mamalia yang Bisa Berganti Warna Mata

Kamis, 02 November 2023 - 09:06 WIB
Di Amerika, rusa kutub liar disebut sebagai caribou, sedangkan di Eropa rusa kutub disebut sebagai reindeer.(Foto: Nature)
JAKARTA - Penampakan rusa kutub kerap terlihat bersama Sinterklas dalam film-film natal. Selain kisah ajaib, ternyata hewan mamalia ini bisa berganti warna mata.

Rusa kutub berasal dari genus Rangifer dan famili Cervidae. Banyak sebutan untuk rusa kutub. Di Amerika, rusa kutub liar seringkali disebut sebagai caribou, sedangkan di Eropa, rusa kutub disebut sebagai reindeer.

Rusa kutub memiliki berat sekitar 63 - 250 kilogram dengan tinggi 0,7 - 1,3 meter. Berat tubuhnya ini bisa dikalahkan dengan berat tanduknya yang besar dan berat, dengan panjang yang bisa mencapai 1,2 meter.

Berikut fakta lain dari rusa kutub dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tanduk yang Bisa Rontok



Setiap tahun, tanduk rusa kutub bisa mengalami kerontokan. Namun, tanduk ini bisa tumbuh kembali dan menjadi lebih besar pada tahun berikutnya.



Rusa kutub menggunakan tanduknya untuk dijadikan senjata melawan predator. Rusa kutub jantan juga menggunakan tanduknya untuk merayu betina dan rusa kutub betina menggunakan tanduknya untuk membersihkan salju guna mencari makanan.



2. Warna Bulu Beragam



Rusa kutub memiliki beragam warna, mulai dari coklat tua sampai dengan warna putih. Bulu rusa kutub bisa berubah warna tergantung musim yang ada. Pada musim panas, bulu rusa kutub akan berubah menjadi lebih gelap dan akan terang pada musim dingin.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More