Arkeolog Turki Temukan Makam Santo Inspirasi Sinterklas

Rabu, 04 Oktober 2023 - 23:05 WIB
loading...
Arkeolog Turki Temukan Makam Santo Inspirasi Sinterklas
Pro kontra tentang St. Nicholas dari Myra menginspirasi lahirnya sosok Sinterklas zaman modern. (Foto: All Interesting Things)
A A A
JAKARTA - Para arkeolog menemukan makam seorang Santo di Turki yang menginspirasi legenda Sinterklas. Artifak tersebut ditemukan di Gereja St. Nicholas, Demre, Turki, tepatnya di sebuah kuil bawah tanah. Keberadaannya tersamarkan karena mozaik lantai yang sangat begitu rumit.

Selama berabad-abad, pro kontra tentang St. Nicholas dari Myra menginspirasi lahirnya sosok Sinterklas zaman modern selalu muncul.

Dilansir dari laman All Interesting Things, Rabu (4/10/2023) catatan sejarah juga menyatakan bahwa ia dimakamkan di gereja yang menyandang namanya, namun pencarian yang dilakukan di lahan tersebut tidak menemukan bukti apapun.



Sementara itu, banyak sekali yang mempercayai bahwa jenazahnya telah diselundupkan di luar gereja oleh seorang pedagang Italia pada abad pertengahan. Lagi pula, terdapat kuburan kosong di gedung tersebut yang sudah terlihat jelas telah dijarah. Jenazah seorang pria yang dianggap sebagai St. Nicholas pun diyakini dimakamkan di Italia selama masa Perang Salib.

Namun Kepala Otoritas Monumen Antalya, Cemil Karabayram mengatakan bahwa dia dan timnya telah menemukan sebuah kuil saat melakukan survei rutin. Di dalamnya ada sebuah artifak yang diyakini sebagai makam peninggalan St. Nicholas yang asli. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa sisa-sisa itu mungkin milik orang lain. Makam yang dulunya dianggap sebagai peristirahatan terakhir St. Nicholas mungkin adalah makam orang lain.



St. Nicholas dikenal sebagai seorang Uskup Yunani ke-4 dari Myra. Ia dihormati karena kemurahan hatinya, terutama terhadap anak-anak. Ia dikenal karena mempopulerkan tradisi meninggalkan hadiah rahasia untuk orang tersayang menjelang Natal.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)