5 Fakta Bison, Hewan yang Memiliki Masa Kehamilan Sama dengan Manusia

Senin, 13 November 2023 - 19:36 WIB
Bison berbeda dengan sapi atau lembu peliharaan. Bison memiliki tubuh dan kepala yang lebih besar dan berat. (Foto: IUCN.org)
JAKARTA - Bison adalah salah satu mamalia besar yang masuk dalam keluarga Bovidae dan genus Bison. Terdapat dua spesies bison yaitu bison Amerika dan Bison Eropa.

Bison Amerika atau Bison bison dikenal sebagai kerbau daratan yang berasal dari Amerika Utara. Sedangkan bison Eropa atau yang lebih dikenal dengan wisent (Bison Bonasus) adalah bison yang berasal dari Eropa.

Bison berbeda dengan sapi atau lembu peliharaan. Bison memiliki tubuh dan kepala yang lebih besar dan berat. Bison juga memiliki ciri khas dengan punuk yang menonjol di bahu dan tanduk yang pendek dan melengkung ke atas.

Berikut fakta lain bison yang dikutip dari beberapa sumber :

1. Mamalia Terberat di Amerika Utara



Bison merupakan mamalia terbesar dan terberat di Amerika Utara. Bison jantan yang telah dewasa memiliki panjang hampir 2 meter dengan berat yang bisa mencapai 900 kilogram. Sedangkan bison betina biasanya lebih ringan, yaitu 320 kilogram dengan panjang 1,5 meter.





2. Hewan yang Lincah



Meski memiliki badan yang besar dan berjalan cukup lambat, bison juga seringkali terlihat sedang berlari. Bison bisa berlari dengan kakinya yang kaku dengan gerakan memutar. Bison juga termasuk hewan yang lincah karena mampu berlari dengan kecepatan 65 kilometer per jam.

3. Memiliki Masa Kehamilan Sama dengan Manusia

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More