6 Hewan yang Punya Keturunan Tanpa Pasangan, Ada Hiu dan Komodo

Kamis, 30 November 2023 - 09:28 WIB

4. Kadal



Beberapa spesies kadal seperti kadal air memiliki keunikan karena dapat bereproduksi secara aseksual. Kadal yang berada di genus Aspidoscelis ini dapat melakukan partenogenesis yaitu reproduksi yang dilakukan saat telur-telur yang tidak dibuahi dapat berkembang menjadi keturunan.



5. Cacing



Terdapat beberapa spesies cacing yang melakukan reproduksi secara aseksual. Cacing seperti cacing nematoda dan cacing planaria dapat meregenerasi tubuhnya dan berkembang biak melalui pemisahan tubuh atau membelah diri menjadi dua bagian, di mana setiap bagian dapat tumbuh menjadi individu baru.

6. Semut



Semut memiliki kemampuan bereproduksi secara seksual dan aseksual. Pada beberapa spesies semut seperti semut kayu hitam akan memiliki telur. Telur yang dibuahi akan menjadi betina dan telur yang tidak dibuahi akan menjadi jantan.

Spesies lainnya seperti semut smithii juga dikatakan sebagai semut yang aseksual. Beberapa penelitian yang ada di Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkapkan bahwa semut ini sepenuhnya aseksual karena semutnya hanya terdiri dari kelompok betina.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More