8 Fakta Mengejutkan Lumba-Lumba, Hewan Lucu yang Memiliki Sisi Gelap

Senin, 11 Desember 2023 - 19:21 WIB
Lumba-lumba merupakan mega-predator dan gemar memainkan mangsanya. (Foto: Nature)
JAKARTA - Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang akrab dengan manusia. Kelucuan dan kepintarannya membuat siapa saja dibuat kagum. Mamalia yang sering disalahartikan sebagai ikan ini terkenal ramah, pintar, suka bermain, dan memiliki sejumlah emosi yang sama dengan manusia.

Pernahkah terpikir bahwa mamalia laut yang lucu dan ramah ini memiliki sisi gelap yang bertolak belakang dengan karakteristiknya yang kita kenal? Ya, Lumba-lumba memiliki fakta mengejutkan. Salah satunya adalah hewan ini merupakan mega-predator, Lumba-lumba memakan banyak ikan, udang, dan cumi-cumi dengan jumlah lebih dari 33 pon sehari, mengatur perburuan dan menyerang mangsa secara berkelompok.

Selain merupakan mega-predator, berikut 8 fakta mengejutkan lumba-lumba, hewan Lucu yang memiliki sisi gelap, yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/12/2023).

1. Mengklaim wilayah teritorialnya sendiri



Lumba-lumba memiliki wilayah teritorialnya sendiri dan susunan dalam grupnya teratur. Mereka terbagi ke dalam beberapa grup untuk misi yang berbeda-beda, seperti menyerang Lumba-lumba lain untuk mencuri betinanya.





2. Selalu mengembangkan cara baru untuk berburu dan membunuh mangsanya



Ketika Lumba-lumba lapar, mereka akan berubah menjadi predator yang mampu mengembangkan cara yang tidak biasa untuk menjebak mangsanya. Contohnya, Lumba-lumba yang hidup di perairan dangkal di Florida, menggunakan ekornya untuk menendang lumpur dalam formasi melingkar, untuk menjebak ikan di dalamnya. Sementara untuk Lumba-lumba yang hidup di Shark Bay, Australia, terlihat menggunakan spons sebagai alat untuk menggali mangsa dari dasar laut.

3. Sering menyiksa mangsa sebelum memakannya

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More