7 Negara dengan Populasi Harimau Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

Rabu, 24 April 2024 - 12:07 WIB
loading...
7 Negara dengan Populasi Harimau Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?
Dari 13 negara di dunia, India tercatat sebagai negara dengan populasi harimau terbanyak. (Foto: Britannica)
A A A
JAKARTA - Populasi harimau di dunia tak banyak. Tak heran, satwa buas ini masuk kategori terancam punah. Dari 13 negara di dunia, India tercatat sebagai negara dengan populasi harimau terbanyak.

Harimau yang biasa dijuluki sebagai raja hutan, adalah hewan yang sangat terkenal di dunia namun populasinya semakin lama semakin menurun karena adanya perburuan liar dan habitatnya yang dieksploitasi.

Diperkirakan sebanyak 97 persen harimau telah musnah dalam satu abad terakhir. Dalam rentang waktu ini, populasi harimau di alam liar diperkirakan telah menurun dari 100.000 menjadi kurang dari 4 ribuan harimau.

Di dunia, terdapat enam subspecies harimau yang masih bertahan, baik di alam liar maupun penangkaran. Yaitu harimau indochina (di Malaysia, Kamboja, China, Laos, Myanmar, Thailand, dan Viet Nahm), harimau benggala (di Bangladesh, Bhutan, China, India, dan Nepal), harimau china selatan (di China), harimau siberia (di Rusia, Korea Utara, China, dan Asia Tengah bagian Rusia), harimau sumatera (Indonesia), dan harimau malaya (di Malaysia).


Berikut daftar 7 negara dengan populasi harimau terbanyak di dunia, dilansir dari Times Travel, Rabu (24/04/2024).

1. India (3.167)


Berdasarkan sensus tahun 2022, Populasi harimau di India meningkat signifikan hingga 3.167 ekor. Ranthambore, Bandhavgarh, dan Corbett adalah beberapa tempat terbaik untuk melihat harimau di India.

2. Rusia (480-540)


Rusia terkenal dengan populasi harimau Amur atau dikenal juga sebagai harimau Siberia, yang merupakan salah satu kucing besar paling langka di dunia. Berdasarkan temuan sensus sementara, populasi Harimau Amur saat ini berkisar antara 480 hingga 540 ekor.

3. Indonesia (371)


Berdasarkan data terkini, Indonesia adalah rumah bagi 371 Harimau Sumatera, yang merupakan subspesies harimau yang terancam punah yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera.


4. Nepal (355)


Nepal terkenal dengan upaya konservasi harimaunya. Jadi saat ini, terdapat 355 harimau di Nepal yang hidup di taman dan kawasan lindung, seperti Taman Nasional Chitwan dan Taman Nasional Bardia.

5. Malaysia (120)


Menurut informasi terkini Malaysia menjadi tempat tinggal bagi 120 harimau Malaya, terutama yang ditemukan di wilayah selatan dan tengah Semenanjung Malaya.

6. Bangladesh (106)


Bangladesh dikenal dengan populasi harimau Royal Bengal. Menurut data saat ini ada 106 ekor harimau yang berkeliaran di hutan Bangladesh.

7. Thailand (148/149)


Thailand dikenal dengan harimau Indochina yang luar biasa. Ini merupakan subspesies harimau yang ditemukan di Asia Tenggara dan menurut data saat ini, ada 148 atau 149 ekor harimau yang hidup di sana.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)