6 Misteri di Dunia yang Berhasil Dipecahkan Ilmuwan, Salah Satunya Menggunakan AI

Sabtu, 23 Desember 2023 - 20:14 WIB
Kuil Pantheon di Roma peninggalan Romawi yang masih berdiri kokoh. (Foto: CNN)
JAKARTA - Banyak misteri di dunia yang hingga kini masih belum terjawab. Namun, satu per satu jawabannya berhasil diungkap berkat kerja keras para ilmuwan dan bantuan teknologi terbaru.

Dari sekian misteri tersebut, enam di antaranya berhasil dipecahkan pada 2023. Tak ada kata terlambat. Meski butuh waktu ratusan tahun, namun jawaban dari misteri ini penting bagi masa depan umat manusia.

Berikut enam misteri di dunia tentang sejarah manusia yang berhasil dipecahkan oleh ilmuwan pada tahun 2023 dilansir dari CNN, Sabtu (23/12/2023).

1. Identitas pemimpin di era prasejarah



Dikubur dengan pisau kristal spektakuler dan artefak berharga lainnya, tengkorak berusia 5.000 tahun yang ditemukan pada 2008 di sebuah makam di dekat Sevilla, Spanyol, jelas pernah menjadi seseorang yang penting.



Individu ini awalnya dianggap sebagai seorang pemuda, berdasarkan analisis tulang panggul. Namun, analisis enamel gigi, yang mengandung jenis protein dengan peptida spesifik jenis kelamin yang disebut amelogenin, menentukan sisa-sisa tersebut adalah perempuan bukan laki-laki.

Dalam penelitian lain, teknik ini juga menghilangkan stereotip laki-laki pemburu yang telah membentuk pemikiran banyak orang tentang manusia awal. “Teknik ini, kami pikir, akan membuka era baru dalam analisis organisasi sosial masyarakat prasejarah,” kata Leonardo García Sanjuán, profesor prasejarah di Universitas Seville.



2. Bahan misterius di balik kekuatan bangunan Romawi

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More