6 Misteri di Dunia yang Berhasil Dipecahkan Ilmuwan, Salah Satunya Menggunakan AI

Sabtu, 23 Desember 2023 - 20:14 WIB
Dari fragmen-fragmen pot bekas di sebuah bengkel pengawetan jenazah, ilmuwan telah menemukan beberapa zat dan campuran yang digunakan orang Mesir kuno untuk mengawetkan mayat.

Dengan menganalisis kimia residu organik yang tertinggal di wadah, para peneliti menentukan orang Mesir kuno menggunakan berbagai zat untuk mengurapi tubuh setelah kematian, mengurangi bau tidak sedap, dan melindunginya dari jamur, bakteri, dan pembusukan. Bahan yang diidentifikasi termasuk minyak tumbuhan seperti juniper, cypress, dan cedar, serta resin dari pohon pistachio, lemak hewan, dan lilin lebah.

Sementara para sarjana sebelumnya telah mempelajari nama-nama zat yang digunakan untuk mengawetkan mayat dari teks-teks Mesir, mereka - sampai akhir-akhir ini - hanya bisa menebak apa yang sebenarnya dimaksud dengan senyawa dan bahan tersebut. Bahan-bahan yang digunakan di bengkel tersebut bervariasi dan berasal tidak hanya dari Mesir, tetapi juga dari tempat yang jauh , menunjukkan pertukaran barang secara internasional.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More