6 Fakta Menarik Sundaland, Benua yang Hilang di Nusantara

Sabtu, 30 Desember 2023 - 16:00 WIB
Sundaland membentang di Semenanjung, Australia, Malaysia, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Bali. (Foto: Atlantis Java Sea)
JAKARTA - Para ilmuwan berhasil menemukan Sundaland, benua yang membentang di Semenanjung, Australia, Malaysia, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Sebelum tenggelam akibat naiknya permukaan laut pada penghujung zaman es terakhir, benua ini merupakan tempat tinggal sekitar setengah juta orang dengan peradaban yang sudah maju.

Temuan ini tentu sangat mengejutkan, karena selama ini Sundaland bak hilang ditelan bumi. Dari segi ilmu pengetahuan, temuan ini juga akan menghadirkan perspektif baru tentang asal usul dan sejarah peradaban manusia, terutama di kawasan Asia dan Australia.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/12/2023), berikut fakta-fata menarik Sundaland.

1. Nama Sundaland



Nama "Sunda" berasal dari zaman kuno, muncul dalam geografi Ptolemy yang ditulis sekitar 150 M. Dalam sebuah publikasi tahun 1852, navigator Inggris George Windsor dan Earl-nya mempromosikan gagasan tentang "bank besar Asia" salah satunya berdasarkan pada ciri-ciri umum mamalia yang ditemukan di Jawa, Borneo, dan Sumatra.

Baca Juga: Legenda Kota Bawah Laut Atlantis dan 5 Dunia yang Hilang



Laman Academic Accelerator menulis, penjelajah dan ilmuwan mulai mengukur dan memetakan laut di Asia Tenggara pada 1852. Pada 1921, ahli geologi Belanda Gustav Mollengraf menyatakan bahwa kedalaman laut hampir merata di benua menunjukkan adanya peneplain kuno, hasil dari banjir berulang saat tutupan es mencair, dan bahwa peneplain adalah hasil dari banjir berkelanjutan. Peneplain adalah dataran rendah yang terbentuk akibat erosi yang berkepanjangan

Molengraf juga mengidentifikasi sistem drainase kuno yang sekarang tenggelam yang mengeringkan daerah itu selama periode permukaan laut rendah. Nama Sundaland untuk benua tersebut pertama kali diusulkan pada 1949 oleh Reinout Willem van Bemmelen's Geography of Indonesia, berdasarkan penelitian selama Perang Dunia II.

2. Luas Sundaland



Sundaland adalah wilayah biogeografis di Asia Tenggara yang sesuai dengan daratan yang lebih besar yang terungkap selama periode permukaan laut rendah selama 2,6 juta tahun terakhir. Ini mencakup pulau-pulau Indonesia seperti Bali, Borneo, Jawa, Sumatra, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Teluk Thailand, Laut Cina Selatan, serta Semenanjung Malaya di Asia daratan. Total luas Sundaland sekitar 1.800.000 km2.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More