Ilmuwan Temukan Sundaland, Benua Tenggelam Cikal Bakal Indonesia

Jum'at, 22 Desember 2023 - 16:51 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Sundaland, Benua Tenggelam Cikal Bakal Indonesia
Benua Tenggelam Cikal Bakal Indonesia. FOTO/ WION NEWS
A A A
SIDNEY - Sebuah studi penelitian mengungkapkan bahwa wilayah barat laut di Australia dan Selandia Baru yang sekarang terendam air pernah menjadi rumah bagi sekitar setengah juta orang.


Wilayah tersebut adalah Sundaland, yang terdiri dari Semenanjung, Australia, Malaysia, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Bali.

“Kehadiran kepulauan yang luas ini kemungkinan besar memfasilitasi keberhasilan penyebaran penjelajah maritim pertama dari Wallacea wilayah Indonesia modern,” kata Ketua Peneliti Kasih Norman seperti dilansir dari Wion News, Jumat (22/12/2023).

Sundaland dulunya merupakan sebuah daratan yang luas, tetapi kemudian tenggelam akibat naiknya permukaan laut pada akhir zaman es terakhir.

Sundaland adalah rumah bagi berbagai macam budaya dan peradaban kuno. Di antara peradaban yang paling terkenal adalah peradaban Sriwijaya, yang pernah menguasai sebagian besar wilayah Asia Tenggara pada abad ke-7 hingga ke-13.

Naiknya permukaan laut telah menyebabkan hilangnya banyak situs bersejarah di Sundaland. Namun, para arkeolog masih terus melakukan penelitian untuk mengungkap sejarah peradaban kuno yang pernah hidup di wilayah tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Selain itu, perlu juga dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)