10 Fakta Menarik Planet Mars, Punya Sunset Berwarna Biru

Rabu, 24 Januari 2024 - 14:00 WIB
Mars mendapat julukan " Planet Merah " karena adanya oksida besi, mirip dengan karat, yang terdapat dalam tanahnya. Berbeda dengan yang terjadi di Bumi, sunset di Mars justru menampilkan nuansa kebiruan. Fenomena ini disebabkan oleh adanya debu halus yang menonjolkan warna biru di sekitar langit matahari, sementara pada siang hari, warna debu berkarat yang umumnya terlihat di Planet Merah menjadi lebih mencolok.

9. Memiliki Dua Bulan Bernama Phobos dan Deimos



Mars memiliki dua bulan kecil, yaitu Phobos dan Deimos yang diambil dari nama kuda Dewa Ares. Phobos menjadi bulan terdekat dan terbesar dengan banyak kawah membentuk lekukan di permukaannya. Sedangkan Deimos memiliki ukuran sekitar setengah dari Phobos dan mengorbit Mars dua setengah kali lebih jauh. Deimos dilapisi oleh tanah lepas yang sering mengisi kawah di permukaannya, menciptakan tampilan lebih halus dibandingkan dengan Phobos.

10. Planet dengan Orbit dan Rotasi yang Mirip Bumi



Selain daratan yang kurang lebih sama, Mars juga mempunyai durasi hampir sama panjangnya dengan Bumi, sekitar 24,6 jam, dan satu tahun Mars berlangsung selama 687 hari. Mars memiliki sumbu rotasi miring 25 derajat, mirip dengan Bumi dengan kemiringan 23,4 derajat. Seperti Bumi, Mars juga mengalami beberapa musim, tetapi musimnya lebih lama karena Mars butuh lebih banyak waktu untuk mengelilingi Matahari.

Planet Mars memiliki banyak karakteristik yang menarik dan unik, membuatnya menjadi target utama penelitian para astronom dan ilmuwan. Dengan berbagai kemiripannya dengan Bumi, apakah kamu tertarik untuk tinggal di planet ini?

MG/Dinda Amelia Putri
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More