Ini 3 Mesin Tempur Buatan China yang Dipakai Pakistan untuk Serang Iran

Jum'at, 02 Februari 2024 - 18:31 WIB
Pakistan menyebut jet tempur China ini dengan sebutan ‘Dragon from the East’. Pesawat ini baru masuk armada Pakistan Air Force (PAF) sejak Maret 2022 untuk mengimbangi jet tempur Rafale yang digunakan India.

Secara kualitas, J-10C ‘Vigorous Dragon’ ini diklaim lebih canggih dalam hal aerodinamis dan avionik jika dibandingkan dengan JF-17. Pada fiturnya, pesawat tempur ini punya banyak fitur penting, seperti pelacakan inframerah hingga radar AESA.

Keunggulannya lain yang dimiliki J-10C adalah mampu beroperasi dalam segala cuaca. Selain itu, pesawat ini juga bisa membawakan berbagai rudal udara-ke-udara generasi ke-4. Sebut saja seperti rudal jarak pendek PL-10 China dan PL-15.

Wing Loong II

Selain jet tempur, Pakistan juga menggunakan salah satu UAV buatan China, yaitu Wing Loong II. Kendaraan udara tak berawak ini merupakan versi peningkatan dari Wing Loong I (MALE).

Mengutip Military Drones, Wing Loong II memiliki panjang 11 m, lebar sayap 20,5 m, dan tinggi 4,1 m. Diklaim mampu beroperasi hingga 32 jam, UAV ini mampu menyentuh kecepatan sampai 370 km/jam.

Pada penggunaannya, Wing Loong II biasa dipakai untuk misi pengawasan dan pengintaian udara. Selain itu, UAV ini juga dibekali berbagai senjata untuk melakukan misi serangan atau pertempuran.



Beberapa persenjataan yang bisa dibawa UAV China ini seperti rudal, roket hingga bom berpemandu. Contohnya adalah bom berpemandu laser GB3 250kg dan TL-10.

Demikianlah ulasan mengenai senjata China yang dipakai Pakistan untukmenyerangIran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More