Ini Dia Benda Tercepat di Dunia yang Melebihi Kecepatan Cahaya

Selasa, 05 Maret 2024 - 14:26 WIB
Partikel seperti ini mulai bergerak mendekati kecepatan cahaya dalam ruang hampa. Namun ketika mereka menghantam atmosfer bumi, sesuai sifatnya, mereka terus melaju dan kecepatannya melebihi cahaya.

Hal ini membuat partikel Oh-My-God menjadi salah satu benda bermassa tercepat di Bumi, namun mereka tidak berada pada posisi paling atas. Sebaliknya, neutrinolah yang mengambil alih peran tersebut.

Menurut Justin Vandenbroucke, fisikawan partikel di Universitas Wisconsin-Madison. Partikel Oh-My-God mungkin adalah sebuah proton, atau setidaknya mirip proton cukup besar pada skala partikel subatom.

Massa neutrino setidaknya 10 miliar kali lebih kecil dari massa proton, sehingga berkat hukum dasar fisika, neutrino dapat bergerak lebih cepat jika diberi jumlah energi yang sama.

Namun meskipun secara teori neutrino dapat bergerak sangat cepat, namun dalam praktiknya cukup sulit untuk menentukannya.

Dalam eksperimen jangka panjang di Kutub Selatan yang diberi nama IceCube, fisikawan telah menempatkan detektor di dalam bongkahan es berukuran 0,2 mil kubik (1 kilometer kubik), dengan harapan menemukan neutrino berenergi tinggi.

Di dalam es, neutrino dengan energi yang cukup dapat bergerak lebih cepat dibandingkan kecepatan cahaya. Ketika neutrino berenergi tinggi tersebut bertabrakan dengan inti atom di dalam es, ia dapat menghasilkan partikel subatom bermuatan yang juga bergerak lebih cepat daripada cahaya.

Partikel-partikel cepat ini memancarkan kilatan cahaya yang dikenal sebagai radiasi Cherenkov, sehingga neutrino dapat terdeteksi secara tidak langsung. Dan pada tahun 2016, para ilmuwan IceCube mendeteksi neutrino berenergi tertinggi yang telah dievaluasi secara cermat.

"Sejauh yang kami tahu, ini adalah partikel tercepat yang pernah ada,” kata Bill Louis, fisikawan di Laboratorium Nasional Los Alamos.

Ia menyebut tidak ada partikel bermassa yang dapat mencapai kecepatan vakum cahaya, tetapi jika partikel tersebut sangat ringan dan mempunyai banyak energi, ia dapat bergerak sangat dekat.