Perbandingan Harimau Sumatera dan Harimau Jawa, dari Habitat hingga Mangsa

Jum'at, 22 Maret 2024 - 15:10 WIB

2. Warna Tubuh

Bulu harimau Sumatera cenderung lebih gelap dari harimau jenis lain, mereka kebanyakan memiliki bulu berwarna coklat gelap dengan corak belang yang rapat. Selain itu, bulu yang dimiliki harimau jenis ini juga bisa dibilang paling pendek dari harimau jenis lainnya.

Sedangkan di sisi lain harimau Jawa memiliki bulu yang lebih cera dengan corak garis hitam yang lebih sempit. Namun warna loreng yang dimiliki harimau ini cenderung tidak tegas.

3. Ukuran Tubuh

Meskipun harimau Jawa tergolong sebagai harimau yang berukuran kecil jika dibandingkan dengan siberia dan benggala, namun harimau ini memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang harimau Sumatera.

Harimau Sumatera umumnya lebih kecil dibandingkan dengan harimau lainnya. Panjang tubuhnya berkisar antara 2 hingga 2,5 meter, dengan berat mencapai 100 hingga 140 kg untuk jantan dan 75 hingga 110 kg untuk betina.

Sementara harimau Jawa panjang tubuhnya berkisar antara 2 hingga 2,5 meter, dengan berat mencapai 100 hingga 140 kg untuk jantan dan 75 hingga 115 kg untuk betina.

4. Mangsa

Karena berada di hutan Sumatera yang relatif lebih luas ketimbang hutan di Jawa, makanan harimau Sumatera jauh lebih bervariasi. Harimau ini umumnya memangsa babi hutan, rusa, unggas, kijang, kancil, beruk, landak, trenggiling, hingga beruang madu.



Sementara harimau Jawa yang memiliki luas wilayah relatif sempit memiliki variasi mangsa yang terbatas. Harimau ini umumnya sering memangsa binatang bertandang dan berkuku belah.

Itulah sejumlah perbandingan antara harimau Sumatera dengan harimau Jawa. Dimana kedua hewan endemik ini memiliki ciri khasnyatersendiri.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More