Fakta Chloropicrin, Zat Kimia yang Diduga Digunakan Rusia

Minggu, 12 Mei 2024 - 22:01 WIB
Fakta Chloropicrin, yang mengerikan. FOTO/ DAILY
MOSCOW - Fakta Chloropicrin , zat kimia yang diduga digunakan Rusia untuk menggempur Ukaraina menarik perhatian dunia. Pasalnya Chloropicrin adalah zat yang sangat mematikan bagi manusia.

Amerika Serikat (AS) menuduh Rusia menggunakan senjata kimia dalam perang sehingga melanggar Konvensi Senjata Kimia (CWC).

Departemen Luar Negeri AS pada hari Rabu mengklaim bahwa metode peperangan di Kiev menggunakan bahan pengendali kerusuhan (gas air mata) selain bahan kimia, chloropicrin.

“Itu bukan insiden yang terisolasi dan mungkin dimotivasi oleh tujuan militer Rusia untuk mengusir musuh dari benteng mereka dan mencapai kemenangan taktis di medan perang,” jelas departemen tersebut seperti dilansir dari The New York Times.

Chloropicrin, juga dikenal sebagai PS (dari Port Sunlight) dan nitrochloroform, adalah senyawa kimia yang saat ini digunakan sebagai antimikroba spektrum luas, fungisida, herbisida, insektisida, dan nematisida.

Namun, di balik kegunaannya dalam industri, chloropicrin memiliki sejarah kelam sebagai senjata kimia. Berikut beberapa fakta tentang chloropicrin:

Paparan chloropicrin dalam konsentrasi rendah dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan.

Paparan dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan serius pada paru-paru, termasuk edema dan perdarahan.