Temuan Baru, Ada Lautan di Planet Pluto

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:05 WIB
Lautan Plutonia kemungkinan besar memiliki ketebalan sekitar 40 hingga 80 kilometer. (Foto: NASA)
JAKARTA - Para ilmuwan menemukan sebentuk lautan di Planet Pluto. Hal itu merujuk pada beberapa petunjuk yang menyimpulkan terdapat lapisan air di bawah permukaan Pluto.

Space.com melansir, Sabtu (25/5/2024) sejumlah ilmuwan percaya bahwa Pluto memiliki kriovolkano yang memuntahkan uap air bahkan es padat. Air tersebut diperkirakan berasal dari suatu tempat. Kini semakin kuat dugaan lapisan air cair di bawah kerak Pluto karena sesuai dengan gambaran tersebut.

Para peneliti di Universitas Washington di St. Louis dan Lunar and Planetary Institute di Houston pun mulai membuat model bentuk lapisan cair tersebut. Secara khusus, mereka ingin mencocokkan Sputnik Planitia – cekungan dataran rendah berbentuk hati di permukaan Pluto yang dianggap sebagai akibat dari tabrakan tersebut.

Para peneliti mencoba berbagai konfigurasi ketebalan lautan dan kepadatan air yang akan menghasilkan Sputnik Planitia bersilangan dengan retakan seperti yang diamati oleh tim satelit New Horizons.





“Kami memperkirakan semacam zona Goldilocks yang kepadatan dan ketebalan cangkangnya tepat,” kata Alex Nguyen, mahasiswa pascasarjana di Universitas Washington di St Louis dan salah satu penulis penelitian dalam sebuah pernyataan.

Perhitungan mereka menunjukkan bahwa lautan Plutonia kemungkinan besar memiliki ketebalan sekitar 40 hingga 80 kilometer, dan sekitar 8 persen lebih padat daripada air laut di Bumi. Kepadatannya kira-kira sama dengan Great Salt Lake.

Di bawah permukaan es nitrogen itu diperkirakan terdapat lautan cair. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan seperti apa bentuk lautan itu: Mungkin lebih dalam dari kerak bumi dan lebih padat dari air laut di bumi.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More