10 Sapi Terlangka di Dunia, Harganya hingga Ratusan Juta

Sabtu, 08 Juni 2024 - 10:00 WIB
Sapi Vaynol Cattle merupakan ras langka asli Inggris. (Foto: Rarest.org)
JAKARTA - Sapi termasuk hewan ternak yang banyak dikonsumsi manusia. Di antaranya ternyata ada 10 ras sapi terlangka di dunia.

Penyebaran ras sapi di tiap area membuat perkembangannya masif. Namun, karena beberapa faktor terdapat ras sapi tertentu menjadi jarang ditemukan dan langka. Misalnya, sapi limosin yang populer dan unik.

Ada pula beragam ras sapi yang memiliki sejarah panjang hingga ras eksotis asli dari daerah terpencil. Sapi-sapi ini mewakili lambang keanekaragaman genetik dan upaya konservasi di dunia pertanian.



Bukan hanya unik berikut 10 ras sapi terlangka di dunia dilansir dari Rarest.org, Sabtu (8/6/2024).

1. White Park Cattle (Rp35 juta – Rp85 juta)



Dikenal juga sebagai Ancient White Park, sapi ini menjadi ras langka karena asal usulnya dari Zaman Besi. Penampilannya mencolok dengan bulu berwarna putih bertitik-titik hitam dan tanduk berbentuk kecapi yang khas. Karakternya yang tahan banting, kemampuan beradaptasi, dan berkembang di lingkungan yang keras membuatnya disukai peternak. Sapi White Park terutama dipelihara untuk produksi daging sapi dan konservasi keanekaragaman genetik.



2. Vaynol Cattle (Rp50 juta – Rp100 juta)



Nama lainnya yaitu Sapi Taman Vaynol. Menjadi ras langka asli Inggris. Terkenal karena memiliki bulu berwarna putih krem dan tanduk khas berbentuk kecapi. Sapi ini dipelihara untuk tujuan konservasi dan penggembalaan hias. Saat ini populasinya relatif kecil dan dipelihara oleh peternak serta sejumlah organisasi konservasi yang berdedikasi.

3. Randall Lineback (Rp40 juta – Rp115 juta)

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More