Sapi Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp75 Miliar

Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:24 WIB
loading...
Sapi Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp75 Miliar
Sapi Nelore mahal karena tangguh menghadapi terik matahari, menghasilkan keturunan berkualitas tinggi, serta menghasilkan daging berlimpah. (Foto: News Week)
A A A
JAKARTA - Sapi Brahman asal India mencatat rekor sebagai yang termahal. Harganya mencapai Rp75 miliar. Sapi bernama Mischief tersebut dibeli oleh peternak Sanjeev Prasad pada lelang di Madhya Pradesh, India pada Oktober 2023 lalu. Jenis ini terkenal dengan kualitas genetiknya yang unggul.

Dari tampilannya, Mischief memiliki tubuh besar dan berotot, serta memiliki kemampuan menghasilkan keturunan berkualitas tinggi. Mischief juga memiliki temperamen tenang dan mudah dilatih.

Pembelian Mischief menandakan tingginya permintaan untuk sapi Brahman berkualitas tinggi di India. Sapi Brahman digemari di India karena kemampuannya beradaptasi dengan iklim panas dan kering, serta menghasilkan susu dan daging berkualitas tinggi.

Jenis sapi unggul lainnya, Nelore termasuk jenis sapi potong yang berasal dari sapi Ongole India. Mereka dinamai menurut distrik Nellore di negara bagian Andhra Pradesh, India. Sapi Nelore terkenal dengan punuk besar yang khas di atas bahu dan leher.

Sapi-sapi ini dinamakan sesuai dengan nama distrik Nellore di Andhra Pradesh, yang mencerminkan negara asalnya. Ras ini secara ilmiah dikenal sebagai Bos indicus, merupakan keturunan dari sapi Ongole di India, yang terkenal dengan ketangguhan dan kemampuan beradaptasi.



Sepasang sapi Ongole pertama tiba di Brasil dengan kapal pada tahun 1868, mendarat di Salvador, Bahia. Pengenalan awal ini diikuti dengan impor lebih lanjut, termasuk dua ekor lagi dari Kebun Binatang Hamburg pada tahun 1878. Kedatangan yang paling signifikan terjadi pada tahun 1960-an ketika seratus hewan dibawa, meletakkan dasar bagi perkembangbiakan ras ini di Brasil.

Ketahanan Sapi Nelore ini terhadap suhu panas, metabolisme yang efisien, dan ketahanan terhadap infeksi parasit membuatnya sangat diminati oleh para peternak. Viatina-19 FIV Mara Imóveis, khususnya, mewakili puncak dari sifat-sifat ini, yang telah dikembangbiakkan secara selektif untuk memperkuat keunggulan genetiknya.



Harga Viatina-19 FIV Mara Imóveis juga berimplikasi pada pasar sapi internasional. Hal ini menekankan nilai sapi ini dan memperkuat reputasinya di seluruh dunia.

Sapi Nelore mahal karena memiliki perpaduan sempurna dari sifat-sifat yang dicari para peternak, terutama di negara-negara beriklim panas. Mereka tangguh menghadapi terik matahari, efisien dalam berkembang biak, menghasilkan keturunan berkualitas tinggi, serta menghasilkan daging yang disukai pasar. Semua keunggulan ini membuat sapi Nelore menjadi investasi yang sangat berharga bagi para peternak.

MG/Muhammad Rauzan Raunpane Ramadan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2324 seconds (0.1#10.140)