Megaroket Starship milik SpaceX Sukses Mendarat, Siap Bawa Manusia ke Bulan

Selasa, 11 Juni 2024 - 21:00 WIB
Bulan menjadi target pemberhentian pertama Starship. NASA memilih pesawat tersebut sebagai pendarat berawak pertama untuk program eksplorasi bulan Artemis, yang bertujuan membangun pangkalan penelitian di wilayah kutub selatan yang kaya es sebelum 2030.

Rencananya, Starship akan mendaratkan astronot NASA di bulan untuk pertama kalinya pada September 2026, pada misi Artemis 3.

Sebelum itu, Starship perlu melakukan lebih banyak uji terbang. Starship pernah gagal dua kali. Tepatnya pada April 2023. Roket tersebut jatuh 4 menit setelah lepas landas.



Pada November 2023, baik Ship maupun Super Heavy hancur menjadi serpihan di atmosfer Bumi delapan menit setelah peluncuran.

Di Penerbangan 3 pada 14 Maret 2024, Super Heavy berhasil mencapai jarak 500 meter dari puncak gelombang Teluk Meksiko sebelum pecah. Sementara itu, Ship mencapai kecepatan orbital dan terbang selama hampir 50 menit.

Penerbangan 4 Super Heavy berhasil turun dengan aman ke air sementara Ship mempertahankan kontrol putaran selamapenerbangan.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More