Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris

Jum'at, 14 Juni 2024 - 08:03 WIB

2. Lockheed Martin F-35B Lightning II

F-35B Lightning II sejatinya adalah varian F-35 Lockheed Martin yang diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Sebagaimana diketahui, jet tempur tersebut menjadi salah satu yang paling mumpuni di era sekarang.

Lightning II dirancang sebagai jet tempur bermesin tunggal berkemampuan siluman. Kemampuan lainnya yang menonjol adalah cocok untuk misi superioritas udara hingga pertempuran udara ke darat.

Pada operasinya, jet tempur ini dapat mendarat dan dikerahkan dari kapal induk. Royal Air Force (RAF) sendiri pernah membuatnya menaiki HMS Queen Elizabeth pada 2019.

3. British Aerospace Sea Harrier

Berikutnya ada British Aerospace Sea Harrier. Jet tempur ini dioperasikan oleh Royal Navy atau Angkatan Laut Britania Raya.

Pada penggunaannya, Sea Harrier bisa lepas landas dan mendarat di kapal induk. Hal ini pernah dilakukan dalam pertempuran selama Perang Falklands.

Sea Harrier juga pernah digunakan saat NATO melakukan intervensi dalam Perang Yugoslavia. Seiring waktu, jet tempur ini juga dijual ke negara-negara lain di luar Eropa, termasuk India sebagai salah satunya.

4. British Aerospace Hawk

Jet tempur British Aerospace Hawk punya beberapa varian utamanya. Di antaranya seperti T1 dan T2.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More