Spesifikasi F-5 yang Disulap Jadi MiG-28 Rusia di Film Top Gun 

Sabtu, 07 September 2024 - 22:00 WIB
loading...
Spesifikasi F-5 yang...
Saking misteriusnya pesawat Rusia, kru Top Gun merombak Northrop F-5 agar mirip jet tempur. Foto/National Interest
A A A
JAKARTA - Film Top Gun yang populer pada 1986 memerlihatkan adegan pesawat MiG-28 Rusia . Di baliknya ternyata ada jenis pesawat aslinya.

Saking misteriusnya pesawat Rusia untuk digambarkan dalam film saat itu, maka kru Top Gun merombak Northrop F-5 agar mirip jet tempur. Laman National Interest melansir, Sabtu (7/9/2024) F-5 dikenal sebagai jet berkinerja tinggi yang hemat biaya dari sisi superioritas di udara dan serangan tempur di darat.

Performanya gesit dengan kecepatan pendakian yang cepat, F-5 memiliki kecepatan tertinggi Mach 1.63 dan dapat membawa berbagai senjata. Meskipun sejarah layanannya dengan Angkatan Udara AS sebagian besar di skuadron penyerang, desain F-5 menginspirasi jet pelatih T-38 Talon yang banyak digunakan.

“Sekarang, seperti yang diketahui sebagian besar orang, F-5 tidak memiliki rasio dorong-berat seperti MiG-28 dan tidak mengeluarkan energi di bawah 300 knot seperti MiG-28. Namun, MiG-28 memang memiliki masalah dengan tangki penerbangan terbalik. Itu tidak akan melakukan push over negatif-G,” kata Charlie dalam adegan film Top Gun.



Tentu saja, parameter penerbangan MiG-28 termasuk fiksi. Namun tidak seperti dalam sekuel Top Gun, pesawat musuh yang menyerupai Su-57 (disebut secara samar-samar sebagai "jet tempur generasi kelima" dalam film) digambarkan dengan renderan CGI, MiG-28 digambarkan menggunakan pesawat nyata yang didorong oleh efek khusus.

Untuk membuat MiG-28 fiktif, tim Top Gun mengambil Northrop F-5 dan mengecatnya menjadi hitam dengan lambang bintang merah yang dimaksudkan untuk menyampaikan ancaman komunis asing di pertengahan era 80an.

Lahirnya F-5 dinilai aneh karena proyeknya didanai secara pribadi. Northrop bertujuan untuk merancang jet tempur berbiaya rendah, perawatan rendah dengan kinerja tinggi, mulai membangun F-5 tanpa kontrak pemerintah. Taruhan Northrop menghasilkan pesawat kecil dan sederhana yang mampu berperan dalam superioritas udara, namun dapat juga digunakan untuk serangan darat.



F-5 gesit dan ramping, mampu naik dengan kecepatan 10,5 kilometer per menit dan mencapai langit-langit 15,5 kilometer hanya dalam waktu sekitar 90 detik. Selain kecepatan pendakian yang mengesankan, F-5 memiliki kecepatan tertinggi yang Mach 1.63, tetapi jangkauannya terbatas hanya 892 kilometer.

Untuk senjata, F-5 membawa dua meriam 20 mm M39A2 Revolver, ditambah tujuh titik keras untuk rudal, roket, dan bom.

Meskipun F-5 tidak memiliki sejarah layanan yang sangat terkenal dengan Angkatan Udara AS, namun sebagian besar telah digunakan di skuadron penyerang. Pesawat tersebut memang berfungsi sebagai dasar untuk T-38 Talon yang memegang gelar sebagai pesawat latih supersonik yang paling banyak diproduksi di dunia.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)