Penyebab Serigala Hilang dari Wilayah Amerika Akhirnya Terkuak

Selasa, 25 Juni 2024 - 16:37 WIB
Penyebab Serigala Hilang dari Wilayah Amerika. FOTO/ IFL SCIENCE
NEW MEXICO - Hilangnya serigala dari sebagian besar Amerika Barat pada tahun 1930-an mungkin tidak banyak diperhatikan pada saat itu, termasuk dalam penelitian ilmiah.

BACA JUGA - Kenapa Serigala Tidak Ada di Tempat Sirkus? Ilmuwan Temukan Fakta Mengejutkan

Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa ketidakhadiran serigala telah membawa dampak yang signifikan pada kesehatan hutan.



Seperti dilansir dari IFL Science (25/6/2024), menurut para peneliti, hilangnya predator puncak seperti serigala telah menyebabkan populasi rusa meningkat pesat.

Hal ini menyebabkan rusa memakan tanaman muda dan pohon rebung secara berlebihan, yang menghambat regenerasi hutan.

"Para peneliti umumnya sepakat bahwa hilangnya serigala dan predator besar lainnya, yang diikuti dengan meningkatnya penjelajahan rusa (Cervus canadensis), adalah penyebab utama penurunan komunitas tanaman berkayu di banyak taman di wilayah Barat," tulis ahli ekologi Oregon State University, William Ripple dan rekan-rekan dalam studi baru mereka.

Studi ini merupakan contoh lain bagaimana segala sesuatu di planet kita saling berhubungan erat dan bagaimana kita sering gagal mempertimbangkan hubungan penting ini.

Hilangnya satu spesies, bahkan yang tampaknya tidak signifikan, dapat memiliki konsekuensi jangka panjang yang tidak terduga pada seluruh ekosistem.

Hilangnya serigala dari Amerika Barat pada tahun 1930-an sebagian besar tidak diperhatikan pada saat itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More