Penyebab Serigala Hilang dari Wilayah Amerika Akhirnya Terkuak

Selasa, 25 Juni 2024 - 16:37 WIB
Penyebab Serigala Hilang...
Penyebab Serigala Hilang dari Wilayah Amerika. FOTO/ IFL SCIENCE
NEW MEXICO - Hilangnya serigala dari sebagian besar Amerika Barat pada tahun 1930-an mungkin tidak banyak diperhatikan pada saat itu, termasuk dalam penelitian ilmiah.

BACA JUGA - Kenapa Serigala Tidak Ada di Tempat Sirkus? Ilmuwan Temukan Fakta Mengejutkan

Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa ketidakhadiran serigala telah membawa dampak yang signifikan pada kesehatan hutan.

Seperti dilansir dari IFL Science (25/6/2024), menurut para peneliti, hilangnya predator puncak seperti serigala telah menyebabkan populasi rusa meningkat pesat.

Hal ini menyebabkan rusa memakan tanaman muda dan pohon rebung secara berlebihan, yang menghambat regenerasi hutan.

"Para peneliti umumnya sepakat bahwa hilangnya serigala dan predator besar lainnya, yang diikuti dengan meningkatnya penjelajahan rusa (Cervus canadensis), adalah penyebab utama penurunan komunitas tanaman berkayu di banyak taman di wilayah Barat," tulis ahli ekologi Oregon State University, William Ripple dan rekan-rekan dalam studi baru mereka.

Studi ini merupakan contoh lain bagaimana segala sesuatu di planet kita saling berhubungan erat dan bagaimana kita sering gagal mempertimbangkan hubungan penting ini.

Hilangnya satu spesies, bahkan yang tampaknya tidak signifikan, dapat memiliki konsekuensi jangka panjang yang tidak terduga pada seluruh ekosistem.

Hilangnya serigala dari Amerika Barat pada tahun 1930-an sebagian besar tidak diperhatikan pada saat itu.

Penelitian baru menunjukkan bahwa hilangnya serigala telah menyebabkan dampak signifikan pada kesehatan hutan.

Meningkatnya populasi rusa akibat hilangnya predator telah menyebabkan kerusakan pada regenerasi hutan.

Studi ini merupakan pengingat bahwa segala sesuatu di planet kita saling berhubungan erat dan kita perlu mempertimbangkan hubungan ini saat membuat keputusan tentang pengelolaan lingkungan.

Kasus hilangnya serigala dan dampaknya terhadap hutan adalah contoh penting dari prinsip ekologi yang dikenal sebagai kaskade trofik.

Kaskade trofik terjadi ketika perubahan pada satu tingkat dalam rantai makanan memiliki efek berantai pada tingkat lain. Dalam kasus ini, hilangnya serigala, yang merupakan predator puncak, telah menyebabkan peningkatan populasi rusa, herbivora.

Hal ini, pada gilirannya, telah menyebabkan kerusakan pada populasi pohon muda dan rebung, yang merupakan produsen primer.

Kasus ini juga menyoroti pentingnya mempertimbangkan semua pemangku kepentingan saat membuat keputusan tentang pengelolaan lingkungan.

Dalam kasus serigala, fokus awal pada pengurangan populasi mereka untuk melindungi ternak mengabaikan peran penting mereka dalam menjaga kesehatan ekosistem hutan.

Sebagai kesimpulan, hilangnya serigala dari Amerika Barat adalah contoh bagaimana tindakan manusia dapat memiliki konsekuensi yang tidak terduga dan jangka panjang pada lingkungan.

Penting bagi kita untuk mempertimbangkan hubungan kompleks yang ada di alam dan untuk bekerja untuk melestarikan keanekaragaman hayati.