Cek Perbandingan Spesifikasi Jet Tempur F-16 vs F-35A, Layak Diganti?

Sabtu, 06 Juli 2024 - 16:59 WIB

2. F-35A

F-35A merupakan pesawat tempur generasi kelima terbaru Angkatan Udara Amerika Serikat. Pengembangannya dulu memang ditujukan untuk menggantikan armada tua F-16 Fighting Falcons dan A-10 Thunderbolt II.

Bersama kinerja aerodinamis dan avionik terintegrasi yang canggih, F-35A akan menjadi jet tempur siluman generasi berikutnya. Paket sensornya pun canggih karena dirancang untuk mengumpulkan, menggabungkan, dan mendistribusikan lebih banyak informasi daripada pesawat tempur sebelumnya.

Pada dapur pacunya, F-35A membawakan mesin Pratt & Whitney F135. Bekal tersebut membuatnya mencapai kecepatan hingga Mach 1,6 atau sekitar 1.200 mph.



Beralih ke persenjataan, jet tempur ini dapat membawa beragam senjata, baik secara internal atau eksternal sesuai misinya. Misal, seperti AIM-120 AMRAAM , AIM-132 ASRAAM , JDAM, JSOW, Brimstone, WCMD, MBDA Meteor, dan beberapa rudal lainnya.

Lebih jauh, F-35 dirancang untuk mencapai tingkat keandalan dan pemeliharaan yang belum pernah dimiliki AS sebelumnya. Harapannya, jet tempur ini bisa menjadi senjata udara multi peran tercanggih di dunia.

Itulah perbandingan jet tempur F-16 vs F-35A milik Amerika Serikat yangbisadiketahui.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More