Teknik Pertanian Embung, Siasat Jitu Hadapi Musim Kemarau Panjang

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 22:38 WIB


Tujuannya agar panen berlangsung sepanjang tahun dan menyesuaikan kebutuhan pasar, sehingga nilai jual komoditas tetap terjaga. Tanaman yang dibudidayakan di antaranya cabe, jagung manis, kacang panjang, bawang daun, terong, melon, semangka dan berbagai tanaman semusim lainnya untuk melayani permintaan di berbagai wilayah di Jember dan sekitarnya.

Erika, salah seorang siswa SMKN 5 Jember menuturkan panen di lahan ini bisa berlangsung tiap hari lantaran jenis tanamannya beragam dan dibagi sesuai petak masing-masing.

"Ada sayuran, buah-buahan dan tanaman hortikultura, jagung juga ada. Enggak sulit memanfaatkan lahan, sengaja dibagi petak-petak karena biar efisien. Jualnya ada yang kontrak ada dengan RS, ada dengan pedagang sekitar. Saat ini musim tanaman jagung, bawang daun, melon, blewah, cabe," ujarnya.



Ihwal keunggulan sistem embung diakui oleh Bima Pamungkas, siswa SMKN 5 Jember lainnya. Ketersediaan air dalam embung menjadikan lahan pertanian di tempat ini tetap subur meski di musim kemarau.



"Enggak sulit (mengelola lahan) karena banyak air, ketersediaan pupuk juga banyak, alat juga ada jadi tinggal memakai alat dan merawat (tanaman) saja. Sayuran dijual di sekolah di luar sekolah kalau ada yang pesan boleh," kata Bima.

Kolaborasi menjadi kata kunci dari usaha yang dilakukan oleh SMKN 5 Jember. Guru kejuruan agribisnis tanaman Abdul Muhib memastikan kerja sama dengan berbagai intansi bakal membuka peluang pemasaran hasil produksi pertanian siswanya.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More