Segini Biaya Peluncuran Rudal Korea Utara, Nilainya Fantastis!

Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:08 WIB
Bruce Bennet, pakar lain di Rand Corp mengatakan kepada Radio Free Asia bahwa rudal jarak pendek yang diuji Korut punya estimasi biaya hingga USD3 juta (Rp46,1 miliar). Sedangkan rudal jarak jauh bisa mencapai USD10 juta (Rp153,9 miliar).

Mengacu pada estimasi biaya di atas, total dana yang dihabiskan Korut untuk uji coba puluhan rudal dalam satu waktu bisa mencapai USD50 juta (Rp769 miliar) hingga USD75 juta (Rp1,1 triliun).

Namun, kembali lagi bahwa perkiraan biaya tersebut masih bersifat kasar. Hal ini mengingat sulitnya informasi akurat karena sifat rahasia pemerintah Pyongyang, khususnya dalam hal militer.

Lalu, berkaitan dengan sumber dananya, sebagian besar diambil dari anggaran negara. Sebagaimana diketahui, pengembangan persenjataan militer era Kim Jong Un memang menjadi prioritas.

Selain jumlah uji coba rudal yang banyak, ada juga tanda-tanda bahwa Korea Utara sedang memperluas fasilitas amunisinya. Bahkan, ada kemungkinan upaya dari Pyongyang untuk memproduksi senjata yang baru dikembangkan secara massal.

Demikian ulasan mengenai biaya peluncuran rudal Korea Utara.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More