Dahsyatnya Agent Oranye, Senjata Biologis AS di Perang Vietnam

Rabu, 11 September 2024 - 19:00 WIB

Dampak Agent Orange



Jutaan orang Amerika dan Vietnam masih terkena dampak, secara langsung dan tidak langsung, oleh penyemprotan Agent Orange selama perang. Agent Orange disemprotkan hingga 20 kali lipat konsentrasi yang direkomendasikan produsen untuk membunuh tanaman. Hal ini menyebabkan hilangnya banyak nyawa, gundulnya jutaan hutan serta lahirnya generasi cacat.

Waktu paruh racun dioksin yang ada dalam Agent Orange tergantung pada lokasinya. Di tubuh manusia, waktu paruhnya adalah 11-15 tahun, meskipun bisa mencapai 20 tahun. Di lingkungan, waktu paruhnya bervariasi tergantung pada jenis tanah dan kedalaman penetrasi.

Sinar matahari akan memecah dioksin, sehingga pada permukaan daun dan tanah akan bertahan 1-3 tahun, tergantung pada kondisinya. Dioksin yang terkubur atau terlarut di bawah permukaan atau jauh di dalam sedimen sungai dan badan air lainnya dapat memiliki waktu paruh lebih dari 100 tahun.

Tentara Amerika saat itu diberitahu bahan kimia tersebut aman. "Kami hanya meniup hutan itu," kata Tom Essler, marinir AS yang bertugas di Vietnam antara tahun 1967 dan 1968. "Di antara serangan B-52 dan Agent Orange, hutan lebat yang indah di sekitar Khe Sanh berubah menjadi cokelat."



Saat hutan mati, begitu pula tanaman. Kelaparan, kekurangan gizi, dan kelaparan melanda. Pada akhir perang, lebih dari 3,6 juta hektare telah disemprot dengan Herbisida Pelangi.

Begitu pula jutaan orang Vietnam. Meskipun perkiraannya bervariasi, pemerintah Vietnam mengatakan bahwa 4 juta orang terkena bahan kimia, 3 juta di antaranya sekarang menderita konsekuensi kesehatan. Tentara Amerika juga telah terkena herbisida, yang diyakinkan oleh atasan mereka bahwa hal itu tidak menimbulkan risiko.

Dioksin dalam Agent Orange memasuki aliran darah setelah dimakan atau disentuh, menumpuk dalam rantai makanan, dan dapat menyebabkan masalah reproduksi, kanker, gangguan hormonal, kerusakan sistem kekebalan, dan masalah perkembangan.

Tanah yang terkontaminasi, hilangnya hutan permanen, erosi tanah, dan kerusakan lingkungan lainnya telah menghantui Vietnam selama bertahun-tahun. Butuh bertahun-tahun bagi militer Amerika Serikat untuk mengakui Agent Oranye memang berbahaya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More