Rusia Diam-diam Bangun Jalur Kereta Menuju China dan Iran

Selasa, 17 September 2024 - 17:01 WIB
Jalur Kereta Menuju China dan Iran dari Rusia. FOTO/ TEHERAN NEWS
MOSCOW - Rusia beralih ke transportasi kereta api untuk menghindari sanksi Barat. Moscow membuat dua jalur kereta api utama di timur yang menghubungkan Rusia dengan China.



Dan sekarang jalur tersebut juga akan dikembangkan dengan menghubungkan ke selatan menuju India dan negara-negara di Teluk Persia, The New York Times.



Hal ini termasuk jalur kereta api baru sepanjang 100 mil yang menelan biaya USD1,7 miliar dan dirancang untuk menghubungkan Rusia dan pelabuhan di Iran yang pada gilirannya akan membantu Rusia terhubung ke pusat perdagangan India di Mumbai.

Rusia memuji jalur kereta apinya dengan Iran sebagai jalur baru yang dapat menyaingi Terusan Suez sebagai jalur perdagangan utama, menurut laporan Reuters pada bulan Mei ketika kedua belah pihak menandatangani kesepakatan untuk jalur kereta api tersebut.

Selain itu, Rusia juga memulihkan jalur kereta api lain yang memungkinkannya mengakses Turki. Dorongan Rusia untuk membangun angkutan kereta api menyusul sanksi Barat selama dua tahun terhadap negara tersebut terkait perang di Ukraina.

Pembatasan ini berdampak pada perdagangan Rusia dengan Eropa, yang secara tradisional merupakan pasar terbesar Rusia.

Rusia sejauh ini telah berhasil menjaga perekonomiannya tetap baik dengan mengalihkan perdagangannya ke pasar alternatif termasuk India, China, dan Iran, yang terakhir juga mendapat sanksi berat dari Barat. Sambungan jaringan kereta api baru ini bertujuan membantu Rusia mempertahankan impor di tengah sanksi.

David Szakonyi, profesor ilmu politik di Universitas George Washington, mengatakan kepada Business Insider, bahwa hubungan perdagangan baru ini tidak hanya akan membantu penjualan minyak dan gas Rusia ke pasar alternatif tetapi juga akan membantu negara tersebut mengimpor barang-barang yang tidak dapat mereka beli. memproduksi sendiri karena kurangnya teknologi maju atau tenaga kerja.

“Agar perekonomian ini tidak runtuh, pemerintah Rusia perlu terus membina hubungan yang kuat dengan negara mana pun yang belum terkena sanksi,” katanya.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More