Temuan Baru, Kota Tertua di Dunia Ada di Ukraina

Rabu, 18 September 2024 - 12:00 WIB
Kota tertua di dunia ditemukan di Ukraina. Foto/Interesting Engineering
JAKARTA - Sebuah penemuan arkeologis terbaru berpotensi mengubah narasi sejarah manusia. Bukti baru menunjukkan bahwa pusat-pusat perkotaan kuno mungkin sebenarnya berasal dari Ukraina .

Menggunakan teknik geomagnetik, para peneliti mengungkapkan struktur-struktur di bawah permukaan tanah dan menemukan situs megapolis Trypillia seluas lebih dari 100 hektare. Berlawanan dengan keyakinan lama bahwa kota-kota pertama muncul di Mesopotamia atau Asia Tengah, dalam sebuah publikasi baru-baru ini oleh Neue Zürcher Zeitung dari Swiss, para peneliti menggambarkan sisa-sisa menakjubkan dari kota terbesar di dunia.

The Interesting Engineering melansir, Rabu (18/9/2024) saat ini artefak tersebut hanya dapat dilihat melalui bayangan udara dan pecahan tembikar yang tersebar. Situs ini di Ukraina berasal dari tahun 4000 SM, menjadikannya permukiman perkotaan tertua yang pernah ditemukan.

Penelitian arkeologis ini tidak hanya mendorong asal-usul kota lebih jauh ke masa lalu, tetapi juga, menurut Euromaidan Press, menimbulkan perdebatan sengit tentang organisasi sosial awal, keberlanjutan, dan definisi kota itu sendiri.

Joseph Müller, arkeolog dari Universitas Kiel, mulai meneliti permukiman raksasa ini di Ukraina pada 2011, membangun penelitian dasar dari 1960an. Seorang topografer militer pertama kali mengidentifikasi lebih dari 250 situs berpola vegetasi menarik, seperti formasi konsentris yang sangat menunjukkan adanya konstruksi manusia.

Namun, baru pada tahun 1970an para ilmuwan Ukraina, seperti yang dilaporkan oleh NZZ, meluncurkan kampanye penelitian yang memerlukan strategi kreatif karena penggalian situs sebesar itu terbukti merepotkan dan tidak praktis.

Penemuan ini menantang asumsi sebelumnya yang menempatkan urbanisasi lebih lambat dalam sejarah manusia. Pemukiman di Ukraina ini menunjukkan banyak tempat tinggal—dan dengan perluasan, kota-kota—sudah ada antara akhir Zaman Batu dan awal Zaman Perunggu. Temuan ini mengubah segala hal yang sebelumnya diketahui para arkeolog.

Situs megapolis Trypillia diakui sebagai kota terencana paling awal, tidak memiliki kesamaan dengan pusat kota modern. Menurut U-krane, situs ini berbentuk melingkar atau oval, dengan rumah-rumah yang diatur dalam lingkaran konsentris, diselingi oleh jalan-jalan raya atau koridor lebar. “Ini adalah kota terencana pertama dalam sejarah manusia,” kata NZZ, mencatat bahwa situs yang paling menonjol melebihi ukuran Monaco dan sebanding dengan Central Park.