12 Meteorit Paling Unik yang Pernah Ditemukan di Dunia

Kamis, 19 September 2024 - 21:05 WIB

9. Tektit (Victoria, Australia)

Tektit bukanlah meteorit tradisional tetapi terbentuk dari material cair yang dikeluarkan selama dampak asteroid. Batu hitam berkilau ini ditemukan di Victoria, Australia, memiliki asal-usul yang misterius dan dikenal karena bentuknya yang unik, termasuk cakram, tombol, halter, dan sendok.

Tektit diyakini terbentuk ketika asteroid menghantam Bumi, mengirimkan material cair ke luar angkasa, yang kemudian mendingin dengan cepat dan jatuh kembali ke Bumi. Asteroid yang menciptakan tektit Victoria kemungkinan menghantam suatu tempat di sekitar Kamboja saat ini, dan tektit tersebut tersebar di seluruh Asia Tenggara dan Australia.

Proses pembentukan yang unik dan bentuk tektit yang unik menjadikannya subjek studi menarik. Kontribusinya dalam memahami dinamika dampak asteroid dan pengaruhnya pada desain perisai panas pesawat ruang angkasa menambah signifikansinya. Meskipun bukan secara teknis meteorit, tektit terkait erat dengan batuan luar angkasa dan termasuk di antara objek paling unik yang pernah dikumpulkan dari luar angkasa.

10. Meteorit Bulan (Libya)

Meteorit yang jatuh di gurun Libya ini adalah fragmen Bulan yang terlempar selama dampak meteor dan akhirnya sampai ke Bumi. Yang membuat meteorit ini unik adalah kondisinya yang murni, karena tidak menunjukkan tanda-tanda pelapukan akibat kurangnya atmosfer di Bulan.

Meteorit tersebut adalah potongan basalt vulkanik, diperkirakan berusia 3,3 miliar tahun, tetapi terlihat segar seperti aliran lava baru-baru ini. Meteorit bulan seperti ini memberikan para ilmuwan akses langsung ke material dari Bulan, menawarkan wawasan berharga tentang sejarah geologisnya dan proses-proses yang telah membentuk permukaannya. Kelangkaan meteorit bulan dan kesulitan perjalanannya ke Bumi menjadikan spesimen ini salah satu meteorit paling unik yang pernah ditemukan.

11. Meteorit Mars (Mesir, 1911)

Meteorit Nakhla, ditemukan di Mesir pada tahun 1911, adalah salah satu meteorit Mars yang paling terkenal yang pernah ditemukan. Meteorit ini diyakini berasal dari Mars dan terlempar ke luar angkasa selama dampak meteor sebelum akhirnya mendarat di Bumi.