12 Meteorit Paling Unik yang Pernah Ditemukan di Dunia

Kamis, 19 September 2024 - 21:05 WIB
Struktur dan komposisi meteorit membuatnya menjadi spesimen yang mencolok, dengan kristal olivin menciptakan kontras yang menakjubkan terhadap latar belakang logam. Meteorit Esquel sangat dihargai oleh kolektor dan peneliti karena kejernihan dan ukuran kristal olivinnya, yang merupakan salah satu yang terbaik yang ditemukan di meteorit mana pun.

Usianya, diperkirakan 4,5 miliar tahun, menjadikannya spesimen kunci untuk mempelajari bahan awal yang membentuk planet-planet. Kombinasi daya tarik estetika dan kepentingan ilmiah dari meteorit tersebut telah menjadikannya salah satu meteorit paling didambakan di dunia.

5. Meteorit Willamette (AS, 1902)

Meteorit Willamette ditemukan di Oregon, AS pada tahun 1902, dengan berat lebih dari 16 ton. Meteorit besi-nikel ini memiliki sejarah yang unik, karena telah lama dihormati oleh penduduk asli Clackamas, yang menganggapnya sebagai benda suci yang dikenal sebagai Tomanowos.

Fitur permukaan meteorit yang khas, termasuk lubang dan alur yang dalam, diyakini telah terbentuk oleh panas dan tekanan yang intens dari masuknya ke atmosfer Bumi. Signifikansi budaya Meteorit Willamette, dikombinasikan dengan ukuran dan nilainya yang ilmiah, menjadikannya salah satu meteorit yang paling unik yang pernah ditemukan.

Saat ini disimpan di American Museum of Natural History di New York, di mana ia terus menjadi objek daya tarik bagi para ilmuwan dan masyarakat umum. Koneksi meteorit dengan budaya asli dan statusnya sebagai salah satu meteorit terbesar di Bumi menjadikannya bagian sejarah yang tak tergantikan.

6. Meteorit Springwater (Kanada, 1931)

Meteorit Springwater ditemukan di Saskatchewan, Kanada pada tahun 1931, adalah salah satu contoh terbaik dari meteorit pallasit. Jenis meteorit ini dikenal karena penampilannya yang mencolok, dengan kristal olivin yang tertanam dalam matriks nikel-besi, dan Meteorit Springwater tidak terkecuali.

Meteorit ini diyakini berusia 4,5 miliar tahun, menjadikannya salah satu objek tertua di Tata Surya. Kristal olivin dalam Meteorit Springwater sangat besar dan terbentuk dengan baik, menjadikannya spesimen yang sangat diinginkan untuk studi ilmiah dan koleksi pribadi.