Kamis, 19 September 2024 - 21:05 WIB
12 Meteorit Paling Unik...
Sepanjang sejarah peradaban manusia batu meteorit senantiasa diburu karena nilainya yang fantastis. Foto/Rarest
JAKARTA - Hujan meteor menyisakan batu meteorit yang jatuh ke bumi. Harga batuan ini cukup fantastis di pasaran lantaran kelangkaannya. Sepanjang sejarah peradaban manusia batu meteorit senantiasa diburu untuk kemudian diolah sebagai perhiasan, peralatan rumah tangga atau lapisan senjata.

Selain fungsi di atas, yang jelas meteorit adalah peninggalan luar angkasa yang dapat memberikan petunjuk tentang asal-usul dan misteri tata surya. Selama bertahun-tahun, para kolektor dan ilmuwan telah menemukan banyak meteorit yang luar biasa, dengan kisah, komposisi, dan signifikansinya yang unik.

Dari batuan Mars yang paling langka hingga pallasit yang sangat indah, fragmen langit ini telah memikat para ahli dan penggemar.

Berikut deretan meteorit paling unik yang pernah ditemukan dilansir dari Rarest.org, Kamis (19/9/2024) :

1. Meteorit Murchison (Australia, 1969)

Meteorit Murchison ditemukan di dekat kota Murchison di Victoria, Australia. Saat ditemukan baunya menyengat mirip alkohol terdenaturasi, yang kemudian diidentifikasi sebagai bau asam amino—blok bangunan dasar kehidupan.

Yang membedakan Meteorit Murchison adalah kandungan molekul organiknya yang sangat tinggi, termasuk lebih dari 90 asam amino berbeda, beberapa di antaranya tidak ditemukan di Bumi.

Fragmen-fragmennya telah dipelajari selama beberapa dekade, memberikan wawasan berharga tentang pembentukan tata surya. Tidak seperti sebagian besar meteorit, Murchison adalah chondrite karbon, artinya mengandung sejumlah besar air dan bahan organik, menjadikannya kandidat utama untuk memahami kondisi awal tata surya dan potensi kehidupan di tempat lain.

2. Meteorit Fukang (China, 2000)

12 Meteorit Paling Unik yang Pernah Ditemukan di Dunia

Ditemukan di Gurun Gobi dekat Fukang, China, meteorit Fukang adalah salah satu meteorit paling menakjubkan secara visual dan menarik secara ilmiah yang pernah ditemukan. Pallasit meteorit ini terdiri dari matriks nikel-besi yang dibenamkan dengan kristal olivin berkualitas permata berukuran besar, yang berkisar dalam warna dari kuning keemasan hingga hijau tua.

Kristal olivin transparan inilah yang membuat Meteorit Fukang begitu luar biasa, karena memungkinkan cahaya melewatinya, menciptakan tampilan yang memukau ketika meteorit diiris dan dipoles.

Pallasit sangat langka, hanya sekitar 1% dari semua meteorit yang diketahui, dan Meteorit Fukang dianggap sebagai salah satu contoh terbaik. Usianya diperkirakan 4,5 miliar tahun, menawarkan sekilas informasi tentang bahan-bahan yang ada selama pembentukan planet-planet. Kombinasi keindahan, kelangkaan, dan nilai ilmiah dari Meteorit Fukang menjadikannya salah satu meteorit paling dicari di dunia.

3. Meteorit Chelyabinsk (Rusia, 2013)

12 Meteorit Paling Unik yang Pernah Ditemukan di Dunia

Meteorit Chelyabinsk tidak hanya unik karena komposisinya tetapi juga karena keadaan dramatis jatuhnya. Pada 15 Februari 2013, meteor besar memasuki atmosfer Bumi di atas Rusia dan meledak dengan kekuatan sekitar 500 kiloton TNT, menyebabkan kerusakan besar di wilayah Chelyabinsk.

Gelombang kejut dari ledakan tersebut menghancurkan jendela dan melukai lebih dari 1.500 orang, menjadikannya satu-satunya meteorit dalam sejarah yang tercatat menyebabkan cedera manusia yang begitu meluas.

Fragmen-fragmen meteorit, yang kemudian dikumpulkan dan dipelajari, mengungkapkan bahwa itu adalah jenis chondrite biasa, jenis meteorit berbatu yang umum. Namun, signifikansi Meteorit Chelyabinsk terletak pada ceritanya dan kekuatan dampaknya yang luar biasa, yang berfungsi sebagai pengingat tentang potensi bahaya yang ditimbulkan oleh objek dekat Bumi.

4. Meteorit Esquel (Argentina, 1950-an)

Meteorit Esquel, ditemukan di dekat kota Esquel di Patagonia, Argentina, adalah salah satu meteorit paling indah dan bernilai ilmiah yang pernah ditemukan.

Pallasit meteorit ini terdiri dari matriks besi-nikel yang dipenuhi dengan kristal olivin berkualitas permata berukuran besar, yang juga dikenal sebagai peridot ketika mencapai kualitas batu permata.

Struktur dan komposisi meteorit membuatnya menjadi spesimen yang mencolok, dengan kristal olivin menciptakan kontras yang menakjubkan terhadap latar belakang logam. Meteorit Esquel sangat dihargai oleh kolektor dan peneliti karena kejernihan dan ukuran kristal olivinnya, yang merupakan salah satu yang terbaik yang ditemukan di meteorit mana pun.

Usianya, diperkirakan 4,5 miliar tahun, menjadikannya spesimen kunci untuk mempelajari bahan awal yang membentuk planet-planet. Kombinasi daya tarik estetika dan kepentingan ilmiah dari meteorit tersebut telah menjadikannya salah satu meteorit paling didambakan di dunia.

5. Meteorit Willamette (AS, 1902)

12 Meteorit Paling Unik yang Pernah Ditemukan di Dunia

Meteorit Willamette ditemukan di Oregon, AS pada tahun 1902, dengan berat lebih dari 16 ton. Meteorit besi-nikel ini memiliki sejarah yang unik, karena telah lama dihormati oleh penduduk asli Clackamas, yang menganggapnya sebagai benda suci yang dikenal sebagai Tomanowos.

Fitur permukaan meteorit yang khas, termasuk lubang dan alur yang dalam, diyakini telah terbentuk oleh panas dan tekanan yang intens dari masuknya ke atmosfer Bumi. Signifikansi budaya Meteorit Willamette, dikombinasikan dengan ukuran dan nilainya yang ilmiah, menjadikannya salah satu meteorit yang paling unik yang pernah ditemukan.

Saat ini disimpan di American Museum of Natural History di New York, di mana ia terus menjadi objek daya tarik bagi para ilmuwan dan masyarakat umum. Koneksi meteorit dengan budaya asli dan statusnya sebagai salah satu meteorit terbesar di Bumi menjadikannya bagian sejarah yang tak tergantikan.

6. Meteorit Springwater (Kanada, 1931)

12 Meteorit Paling Unik yang Pernah Ditemukan di Dunia

Meteorit Springwater ditemukan di Saskatchewan, Kanada pada tahun 1931, adalah salah satu contoh terbaik dari meteorit pallasit. Jenis meteorit ini dikenal karena penampilannya yang mencolok, dengan kristal olivin yang tertanam dalam matriks nikel-besi, dan Meteorit Springwater tidak terkecuali.

Meteorit ini diyakini berusia 4,5 miliar tahun, menjadikannya salah satu objek tertua di Tata Surya. Kristal olivin dalam Meteorit Springwater sangat besar dan terbentuk dengan baik, menjadikannya spesimen yang sangat diinginkan untuk studi ilmiah dan koleksi pribadi.

Penemuan meteorit di komunitas pertanian pedesaan menambah kisah uniknya, karena ditemukan secara kebetulan. Kombinasi usia, kelangkaan, dan keindahan Meteorit Springwater menjadikannya salah satu meteorit paling unik yang pernah ditemukan.

7. Meteorit Gibeon (Namibia, Prasejarah)

Meteorit Gibeon ditemukan di Gurun Kalahari di Namibia. Ia adalah salah satu meteorit terbesar dan paling terkenal yang pernah ditemukan. Meteorit besi ini dikenal karena struktur kristalnya yang unik, yang memberikan tampilan khas ketika diukir atau dipoles.

Meteorit Gibeon diyakini jatuh ke Bumi ribuan tahun lalu, dan fragmen-fragmennya telah dikumpulkan dan digunakan oleh penduduk asli untuk alat dan senjata. Ukuran dan komposisi meteorit yang luar biasa menjadikannya salah satu meteorit paling berharga di dunia, dengan beberapa fragmen terjual hingga ratusan ribu dolar.

Signifikansi budaya Meteorit Gibeon menjadikannya salah satu meteorit paling unik yang pernah ditemukan. Sejarahnya, yang berasal dari zaman prasejarah, menambah mistik dan nilainya, menjadikannya spesimen yang sangat berharga.

8. Meteorit Bencubbin (Australia, 1930)

Meteorit Bencubbin ditemukan di Australia Barat pada tahun 1930. Meteorit ini diyakini hasil dari tabrakan antarbintang. Meteorit ini terdiri dari dua jenis material yang berbeda: chondrite karbon dan logam.

Teorinya adalah bahwa Meteorit Bencubbin terbentuk ketika dua asteroid dengan komposisi sangat berbeda bertabrakan dengan kecepatan tinggi, menyebabkan bahan-bahannya bercampur dan menyatu. Struktur meteorit, dengan gumpalan besar bahan chondrite karbon yang terperangkap dalam logam, sangat tidak biasa dan menjadikannya spesimen unik.

Meteorit Bencubbin begitu unik sehingga memiliki kategori klasifikasi tersendiri, yang dikenal sebagai Bencubbinites. Komposisinya dan kisah pembentukannya menjadikan Meteorit Bencubbin salah satu meteorit paling unik yang pernah dikumpulkan, menawarkan wawasan tentang proses-proses kekerasan yang terjadi di ruang angkasa.

9. Tektit (Victoria, Australia)

Tektit bukanlah meteorit tradisional tetapi terbentuk dari material cair yang dikeluarkan selama dampak asteroid. Batu hitam berkilau ini ditemukan di Victoria, Australia, memiliki asal-usul yang misterius dan dikenal karena bentuknya yang unik, termasuk cakram, tombol, halter, dan sendok.

Tektit diyakini terbentuk ketika asteroid menghantam Bumi, mengirimkan material cair ke luar angkasa, yang kemudian mendingin dengan cepat dan jatuh kembali ke Bumi. Asteroid yang menciptakan tektit Victoria kemungkinan menghantam suatu tempat di sekitar Kamboja saat ini, dan tektit tersebut tersebar di seluruh Asia Tenggara dan Australia.

Proses pembentukan yang unik dan bentuk tektit yang unik menjadikannya subjek studi menarik. Kontribusinya dalam memahami dinamika dampak asteroid dan pengaruhnya pada desain perisai panas pesawat ruang angkasa menambah signifikansinya. Meskipun bukan secara teknis meteorit, tektit terkait erat dengan batuan luar angkasa dan termasuk di antara objek paling unik yang pernah dikumpulkan dari luar angkasa.

10. Meteorit Bulan (Libya)

Meteorit yang jatuh di gurun Libya ini adalah fragmen Bulan yang terlempar selama dampak meteor dan akhirnya sampai ke Bumi. Yang membuat meteorit ini unik adalah kondisinya yang murni, karena tidak menunjukkan tanda-tanda pelapukan akibat kurangnya atmosfer di Bulan.

Meteorit tersebut adalah potongan basalt vulkanik, diperkirakan berusia 3,3 miliar tahun, tetapi terlihat segar seperti aliran lava baru-baru ini. Meteorit bulan seperti ini memberikan para ilmuwan akses langsung ke material dari Bulan, menawarkan wawasan berharga tentang sejarah geologisnya dan proses-proses yang telah membentuk permukaannya. Kelangkaan meteorit bulan dan kesulitan perjalanannya ke Bumi menjadikan spesimen ini salah satu meteorit paling unik yang pernah ditemukan.

11. Meteorit Mars (Mesir, 1911)

Meteorit Nakhla, ditemukan di Mesir pada tahun 1911, adalah salah satu meteorit Mars yang paling terkenal yang pernah ditemukan. Meteorit ini diyakini berasal dari Mars dan terlempar ke luar angkasa selama dampak meteor sebelum akhirnya mendarat di Bumi.

Yang membuat Meteorit Nakhla unik adalah hubungannya dengan kisah seekor anjing yang diduga terbunuh oleh jatuhnya meteorit, meskipun kisah ini tetap tidak diverifikasi. Komposisi meteorit, yang termasuk mineral dan gas yang unik untuk Mars, memberikan informasi berharga tentang sejarah geologi planet dan potensi kehidupan.

Meteorit Nakhla adalah salah satu meteorit Mars tertua, diperkirakan berusia sekitar 1,3 miliar tahun, dan penemuannya telah memberikan kontribusi signifikan pada pemahaman kita tentang Planet Merah.

12. Meteorit Cranbourne (Australia, 1860)

Meteorit Cranbourne ditemukan di Victoria, pada tahun 1860, adalah salah satu meteorit besi terbesar yang pernah ditemukan. Meteorit ini dikenal oleh penduduk asli daerah tersebut jauh sebelum pemukim Eropa mengenali signifikansinya.

Sifat logam unik meteorit, termasuk kemampuannya menghasilkan suara logam ketika dipukul, menjadikannya objek yang menarik bagi penduduk asli maupun pemukim awal. Meteorit Cranbourne akhirnya diakui sebagai meteorit oleh seorang ahli geologi amatir, dan penemuannya menjadikannya sensasi internasional.

Pada saat itu, itu adalah meteorit besi terbesar di dunia, dan fragmen-fragmennya terus ditemukan selama beberapa dekade.