Cegah Bangkit dari Kubur, Mayat di Makam Kuno Ditimpa Batu Besar di Dada

Sabtu, 21 September 2024 - 15:03 WIB
Ketakutan bangkitnya mayat dari kubur di Eropa meningkat antara abad ke-16 dan ke-18. Foto/Live Science
JAKARTA - Para arkeolog berhasil mengungkap praktik pemakaman unik di situs tiang gantungan dekat kota Quedlinburg, Saxony-Anhalt, Jerman. Salah satu mayat yang ditemukan dibebani dengan batu di bagian dada, diduga untuk mencegahnya bangkit dari kubur .

Makam ini ditemukan saat tim melakukan penggalian di situs tiang gantungan, tempat para penjahat dieksekusi sejak tahun 1660-an hingga awal abad ke-19.

"Ketakutan bangkitnya mayat dari kubur semacam ini di Eropa meningkat antara abad ke-16 dan ke-18, jadi berbagai tindakan diambil untuk mencegahnya," kata Marita Genesis, arkeolog yang memimpin penggalian, kepada Live Science.



Tim menduga jenazah dengan kategori ini adalah orang-orang yang mungkin meninggal muda, atau meninggal mendadak, tanpa pengakuan dosa atau pengampunan.

Tindakan pencegahan mayat bangkit dari kubur selain dengan menimpa batu besar juga seringkali dilakukan dengan menyemprotkan dupa, menempatkan salib kayu, mengikat anggota badan mayat, atau menutupinya dengan semak belukar.



Dalam kasus ini, sang pria dikuburkan dalam posisi terlentang, dengan peti mati, dan batu-batu besar diletakkan di dadanya. "Sebuah tindakan yang jelas dimaksudkan untuk mencegahnya bangkit dari kubur," kata Genesis.

Uniknya, dari hasil autopsi, sisa-sisa kerangka yang dikuburkan tidak menunjukkan tanda-tanda eksekusi.

Selain mayat yang ditimpa dengan batu, tim juga menemukan 16 makam lain. Makam-makam ini diduga adalah para penjahat yang dieksekusi. Beberapa kerangka menunjukkan bekas luka benda tajam yang mungkin ditimbulkan selama penyiksaan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More