Lembaran Emas Langka Ditemukan di Makam Kuno, Menggambarkan Dewa dan Dewi Mesir

Jum'at, 26 Juli 2024 - 07:45 WIB
loading...
Lembaran Emas Langka...
Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir menemukan benda-benda kuno dari emas di situs makam Tel El-Dir. Foto/Heritage Daily
A A A
JAKARTA - Para arkeolog menemukan lembaran emas langka di Tel El-Dir, kompleks pemakaman di wilayah Gubernurat Damietta, Mesir, setelah melakukan penggalian 63 makam kuno . Lembaran emas tersebut menggambarkan dewa-dewi Mesir Kuno , dan lembaran berbentuk simbol yang terkait dengan keberuntungan dan perlindungan.

Situs Tel El-Dir selama ini dikenal sebagai lokasi pemakaman Dinasti ke-26 (664 SM hingga 525 SM), yaitu dinasti asli terakhir Mesir kuno sebelum penaklukan Persia pada tahun 525 SM.

Selain lembaran emas yang menggambarkan dewa-dewi, tim juga menemukan lembaran berbentuk lidah, sebuah tradisi yang memungkinkan orang yang meninggal untuk berbicara di hadapan pengadilan Osiris di akhirat.



Dilansir dari Heritage Daily, Jumat (26/7/2024) penemuan ini menyusul temuan sebelumnya pada tahun 2022, di mana para arkeolog yang menggali di Tel El-Dir menemukan lembaran emas yang menggambarkan Isis, Bastet, dan Horus (dalam bentuk elang bersayap), serta lembaran dalam berbagai bentuk.

Menurut pernyataan pers dari Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, banyak makam berisi api unggun pemakaman, keramik impor dan lokal, serta patung Ushabti (patung-patung yang ditempatkan bersama orang yang meninggal untuk melayani di akhirat).



Penggalian tersebut juga menghasilkan sejumlah besar persembahan pemakaman, seperti jimat pelindung, patung-patung, koin, dan cermin.

Berbicara tentang penemuan tersebut, Kementerian Pariwisata dan Purbakala menjelaskan bahwa benda-benda tersebut menegaskan bahwa Damietta adalah pusat perdagangan pada zaman kuno. Temuan ini memberikan wawasan baru tentang praktik pemakaman selama Dinasti ke-26.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2103 seconds (0.1#10.140)