Gerhana Matahari Cincin Muncul di Pulau Paskah, Selanjutnya Pertunjukan Aurora

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 20:54 WIB
Gerhana matahari cincin selama beberapa menit teramati muncul di langit Pulau Paskah. Foto/Reuters
JAKARTA - Gerhana matahari cincin selama beberapa menit teramati muncul di langit Pulau Paskah dan sebagian wilayah di ujung selatan Chili dan Argentina pada Rabu sore. Peristiwa menakjubkan ini terjadi lantaran Bulan menghalangi sebagian besar matahari di seluruh Samudra Pasifik, menyisakan cincin api yang mengesankan.

"Cincin api adalah pengalaman sekali seumur hidup," kata Rocio Garcia, seorang turis di Pulau Paskah kepada Reuters.

Gerhana cincin terjadi ketika bulan terlalu jauh dari Bumi untuk sepenuhnya menghalangi matahari, seperti gerhana total, menciptakan siluet gelap yang dikelilingi oleh cincin cahaya terang yang disebut antumbra atau cincin api.



Saat matahari menggelap di atas pulau pada Rabu sore, orang-orang berkumpul di luar ruangan, bernyanyi, bermain musik, dan mengenakan kacamata khusus untuk melihat sekilas gerhana. "Saya menjadi bersemangat ketika orang-orang berteriak. Semangat semua orang membuatnya lebih menarik," kata Alejandra Astudillo, penduduk Pulau Paskah.



Diperkirakan 175.000 orang tinggal di jalur anularitas gerhana, memberikan pemandangan yang menakjubkan bagi penduduk terpencil dan turis pencari gerhana. "Itu adalah fenomena luar biasa yang tidak sering terlihat," kata Esteban Sanchez di Las Horquetas, Argentina, salah satu dari sedikit kota di jalur langsung gerhana. "Ini pertama kalinya saya melihat itu dan itu sangat bagus."

Bagian selatan Amerika Selatan, bersama dengan beberapa bagian Antartika dan Hawaii, melihat gerhana sebagian menurut peta yang diplot oleh NASA.



Di sisi lain, di awal Oktober Matahari melepaskan badai kuat yang dapat menyebabkan pertunjukan aurora pada akhir pekan ini. Dilansir dari UPI, Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) mencatat matahari melepaskan suar yang kuat dengan intensitas diukur pada X7.1, yang kedua terkuat pada siklus matahari saat ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More