Gerhana Matahari Cincin Muncul di Pulau Paskah, Selanjutnya Pertunjukan Aurora

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 20:54 WIB
Ejeksi massa koronal yang terkait dengan suar matahari diperkirakan akan menyebabkan badai geomagnetik minor hingga kuat di Bumi dari Kamis hingga Sabtu.



Para ilmuwan mengatakan meskipun Bumi tidak dalam bahaya, suar yang kuat seperti itu dapat menyebabkan gangguan radio sementara bersama dengan mengguncang sistem navigasi, jaringan listrik, dan mungkin beberapa komunikasi satelit.

Suar matahari adalah salah satu yang paling signifikan dalam siklus matahari saat ini, yang dilalui matahari setiap 11 tahun. Gangguan elektronik kemungkinan besar terjadi di beberapa bagian Hemisfer Barat, Samudra Pasifik, Australia, dan Asia-Pasifik.

Hal baik yang diharapkan para ilmuwan adalah pertunjukan cahaya yang mengesankan dalam bentuk aurora selama beberapa hari mendatang. Para peneliti mengatakan kekuatan luar biasa dari suar tersebut bisa sama mengesankan dengan badai matahari Halloween pada tahun 2003.

Badai matahari tersebut, juga pada bulan Oktober, berasal dari salah satu suar matahari terbesar yang pernah tercatat pada saat itu dan menjadi badai keenam paling intens yang terlihat lebih dari 70 tahun.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More