Gurun Sahara Banjir, Sungai Amazon Kering Kerontang: Ketika Bumi Berputar Balik

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 18:31 WIB
“Ini adalah level terendah sejak pengukuran dimulai 122 tahun yang lalu," kata badan geologi Brasil. Rekor terendah sebelumnya tercatat tahun lalu, tetapi menjelang akhir Oktober.

Kekeringan ini telah melumpuhkan aktivitas masyarakat setempat. Gracita Barbosa, 28 tahun, seorang kasir di toko terapung di Sungai Negro, kehilangan pekerjaannya karena perahu yang biasanya berhenti di tokonya tidak dapat lagi berlayar karena sungai yang dangkal. Dia juga kesulitan mendapatkan air minum dan tidak bisa lagi mandi di sungai.

Perubahan Iklim: Ancaman Nyata Bagi Keseimbangan Bumi

Kedua fenomena ekstrem ini — banjir di Sahara dan kekeringan di Amazon — merupakan indikasi nyata dari dampak perubahan iklim yang semakin terasa di seluruh dunia.

Celeste Saulo, sekretaris jenderal Organisasi Meteorologi Dunia, mengatakan bahwa siklus air di seluruh dunia berubah dengan frekuensi yang meningkat.

"Akibat peningkatan suhu, siklus hidrologi telah mempercepat. Ini juga menjadi lebih tidak menentu dan tidak dapat diprediksi, dan kita menghadapi masalah yang semakin besar baik terlalu banyak atau terlalu sedikit air," katanya.

Dampak dan Ancaman di Masa Depan

Banjir di Sahara dan kekeringan di Amazon memiliki dampak yang merusak bagi lingkungan dan kehidupan manusia.

Sahara: Banjir telah menyebabkan kerusakan infrastruktur, kehilangan nyawa, dan gangguan pada aktivitas ekonomi. Meskipun banjir dapat mengisi kembali sumber air tanah, dampak negatifnya lebih besar dalam jangka pendek.

Amazon: Kekeringan telah menyebabkan kebakaran hutan, kehilangan habitat, dan gangguan pada transportasi sungai. Kekeringan juga mengancam keanekaragaman hayati Amazon dan dapat berdampak pada pola cuaca global.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More