Serat Lengket Kuat seperti Senjata Spider Man Diperkenalkan

Senin, 14 Oktober 2024 - 19:40 WIB
Para ilmuwan mengatakan bahwa campuran dopamin mempercepat transisi protein sutra dari cair menjadi padat dengan mengurangi air darinya.

Mereka juga menemukan bahwa ketika aliran tipis larutan sutra dikelilingi oleh lapisan aseton dan ditembakkan melalui jarum khusus, ia menjadi padatan lengket.

Setelah aseton menguap di udara, serat tersebut melekat pada objek apa pun yang bersentuhan dengannya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa ketika chitosan - suatu protein yang ditemukan dalam rangka luar serangga - ditambahkan ke serat, maka serat tersebut menjadi 200 kali lebih kuat dan daya rekat dalam bahan kimia seperti penyangga borat meningkat hingga 18 kali lipat.

Dengan bantuan lubang jarum, para ilmuwan dapat mengendalikan diameter serat yang berkisar dari lebar rambut manusia hingga sekitar setengah milimeter.

Para ilmuwan mengatakan bahwa serat yang ditembakkan dengan cara ini mampu mengangkat benda yang beratnya lebih dari 80 kali beratnya sendiri dalam kondisi yang berbeda.

Mereka melakukan berbagai pengujian di mana serat-serat tersebut menangkap “baut baja, tabung laboratorium yang mengapung di atas air, pisau bedah yang sebagian terkubur di pasir, dan balok kayu dari jarak sekitar 12 sentimeter”.

"Proses ini dapat disesuaikan secara cermat untuk mencapai fabrikasi terkendali dari serat hidrogel perekat yang terbentuk secara instan. Ini benar-benar material yang terinspirasi dari pahlawan super," kata Dr. Lo Presti.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More