Antariksawan Terus Selidiki Bau Kentut di Planet Uranus

Selasa, 05 Januari 2021 - 19:04 WIB
NASA menduga plasmoid ini dibuang oleh Uranus melalui atmosfer. Uranus diprediksi telah kehilangan kandungan gas dalam atmosfer sebanyak 55 persen.

"Pengamatan pertama plasmoid dalam magnetosfer planet ini menjelaskan proses yang terjadi di magnetosfer Uranus dan menunjukkan bahwa plasmoid dapat memainkan peran besar dalam mengangkut plasma," ujar NASA.

Dalam sebuah paper terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy, sebuah tim peneliti dari Tokyo Institute of Technology Jepang menangani salah satu tanda tanya besar mengenai Uranus yakni ‘Bagaimana cara sikap aneh, rotasi miring, dan bukti apa yang masih tersisa dari peristiwa itu?

Hanya dengan melihat planet ini bisa terlihat jelas, bola berputar pada sudut 98 derajat dibandingkan dengan semua planet yang ada di Tata Surya. Hal itu diyakini dikarenakan sesuatu yang besar menabrak Uranus.

Planet ini terbalik ke sisinya dan secara bertahap mengumpulkan banyak material sisa dari tabrakan. Sementara beberapa potongan yang lebih besar membentuk Bulan-Bulan kecil planet ini.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More