10 Temuan Jenius yang Disesali Sang Penemunya hingga Kini

Sabtu, 27 Februari 2021 - 17:32 WIB
6. Dinamit



Nama Alfred Nobel saat ini dikait-kaitkan dengan penghargaan paling prestisius di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan perdamaian. Nama penghargaan tersebut memang dibuat untuk menghormati sang penemu dinamit yang menyesal telah menciptakan penemuannya sendiri. Nobel merupakan seorang industrialis dan insinyur yang dulu memutar otak untuk mencari cara meledakkan sebuah batu besar secara efisien.

Pada 1860, dia berhasil mencampurkan bahan nitrogliserin dan silika untuk menciptakan sebuah pasta yang mudah menguap bernama dinamit. Sayangnya, penemuan yang sebenarnya diciptakannya untuk kepentingan publik justru dimanfaatkan untuk membunuh dan menghancurkan. (Baca juga: Negara dengan Kematian Akibat Polusi Paling Banyak, Indonesia di Urutan ke-4)

Nobel pun sangat menyesal dengan penemuannya . Menjelang akhir hayatnya, dia berkomitmen menyumbangkan royaltinya untuk orang orang yang ingin membawa pengaruh positif terhadap dunia, baik itu dalam bidang ilmu pengetahuan maupun perdamaian. Komitmennya inilah yang jadi inspirasi penghargaan Nobel.

7. Senapan AK-47



AK-47 adalah salah satu senapan paling kuat dan mematikan di dunia. Penciptanya adalah Mikhail

Kalashnikov, seorang jenderal, penemu dan insinyur asal Rusia. AK-47 dirancang untuk menjadi senapan

otomatis sederhana yang bisa diproduksi secara massal.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More