10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Rabu, 17 November 2021 - 21:45 WIB
Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) yang hidup jauh di lautan Arktik dan Atlantik Utara, termasuk salah satu hewan yang hidup paling lama. Foto/ist/livescience.
SEJUMLAH hewan mempunyai rentang hidup yang sangat panjang melebihi rata-rata usia manusia. Sebagian besar menganggap kura-kura dan buaya termasuk hewan yang panjang umur .

Tidak salah, kura-kura tertua tercatat berusia 190 tahun. Sedangkan buaya rata-rata hidup antara 70 sampai 115 tahun.

Namun, kura-kura dan buaya ternyata tidak masuk daftar 10 hewan yang panjang umur. Berikut daftar 10 satwa yang hidup paling lama di dunia saat ini dikutip dari laman livescience.

1. Paus Bowhead: Berpotensi Berusia 200 Tahun Lebih





Paus Bowhead atau Paus kepala busur (Balaena mysticetus) adalah mamalia yang hidup paling lama. Umur pasti paus Arktik dan subarktik tidak diketahui, tetapi diketahui ada yang berusia 100 tahun. Bahkan menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) ada yang dapat hidup lebih dari 200 tahun. (Baca juga; Punya Nafsu Makan Besar, Ternyata Paus Berperan Penting Sebagai Sumber Nutrisi di Laut )

Paus ini berusia panjang karena memiliki kemampuan mutasi gen disebut ERCC1 yang terlibat dalam perbaikan DNA yang rusak. Bahkan dapat membantu melindungi paus dari kanker, penyebab potensial kematian. Selanjutnya, gen lain, yang disebut PCNA, memiliki bagian yang telah diduplikasi. Gen ini terlibat dalam pertumbuhan dan perbaikan sel, dan duplikasi dapat memperlambat penuaan.

2. Ikan Rockfish Rougheye: 200 Tahun Lebih

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More