10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Rabu, 17 November 2021 - 21:45 WIB
loading...
10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk
Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) yang hidup jauh di lautan Arktik dan Atlantik Utara, termasuk salah satu hewan yang hidup paling lama. Foto/ist/livescience.
A A A
SEJUMLAH hewan mempunyai rentang hidup yang sangat panjang melebihi rata-rata usia manusia. Sebagian besar menganggap kura-kura dan buaya termasuk hewan yang panjang umur .

Tidak salah, kura-kura tertua tercatat berusia 190 tahun. Sedangkan buaya rata-rata hidup antara 70 sampai 115 tahun.

Namun, kura-kura dan buaya ternyata tidak masuk daftar 10 hewan yang panjang umur. Berikut daftar 10 satwa yang hidup paling lama di dunia saat ini dikutip dari laman livescience.

1. Paus Bowhead: Berpotensi Berusia 200 Tahun Lebih
10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Kerang Mutiara Air Tawar (Margaritifera margaritifera) adalah bivalvia yang menyaring partikel makanan dari air. Mereka hidup di sungai, seperti sungai di Eropa dan Amerika Utara, termasuk AS dan Kanada. Menurut World Wildlife Fund (WWF) Kerang Mutiara Air Tawar tertua diketahui berusia 280 tahun.

Invertebrata ini memiliki rentang hidup yang panjang berkat metabolismenya yang rendah. Namun, Kerang Mutiara Air Tawar adalah spesies yang terancam punah. Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) populasi Kerang Mutiara Air Tawar menurun karena berbagai faktor, termasuk kerusakan dan perubahan habitat sungai.

4. Hiu Greenland: Berusia 272 Tahun Lebih
10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) hidup jauh di lautan Arktik dan Atlantik Utara. Menurut St Lawrence Shark Observatory di Kanada Hiu Greenland dapat tumbuh sepanjang 24 kaki (7,3 meter). Hiu Greenland memangsa berbagai hewan lain, termasuk ikan dan mamalia laut seperti anjing laut,

Sebuah studi tahun 2016 yang dimuat dalam Jurnal Science, Hiu Greenland, memiliki umur maksimum setidaknya 272 tahun. Hiu terbesar dalam penelitian itu diperkirakan berusia sekitar 392 tahun dan para peneliti menduga hiu itu mungkin berusia 512 tahun. (Baca juga; 3 Spesies Hiu Ditemukan di Sungai Thames London )

5. Cacing Tabung: Berusia 300 Tahun Lebih
10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Cacing tabung adalah invertebrata yang memiliki rentang hidup yang panjang di laut dalam yang dingin dan stabil. Sebuah studi pada tahun 2017 yang diterbitkan jurnal The Science of Nature menemukan bahwa Escarpia laminata, spesies cacing tabung yang hidup di dasar laut di Teluk Meksiko, secara teratur hidup hingga 200 tahun.

Bahkan beberapa spesimen bertahan selama lebih dari 300 tahun. Cacing tabung memiliki tingkat kematian yang rendah karena sedikit ancaman alami, seperti kurangnya predator. Itu membantu mereka berevolusi untuk memiliki rentang hidup yang panjang. (Baca juga; Lebah Madu Bunyikan Alarm Khusus Ketika Diserang Lebah Raksasa )

6. Kerang Laut Quahog: Berusia 500 Tahun Lebih
10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Kerang Laut Quahog (Arctica islandica) menghuni Samudera Atlantik Utara. Spesies air asin ini dapat hidup lebih lama dari kerang mutiara air tawar. Satu Kerang Laut Quahog yang ditemukan di lepas pantai Islandia pada tahun 2006 berusia 507 tahun.

Menurut Museum Nasional Wales di Inggris menjuluki Kerang kuno ini Ming karena lahir pada 1499 ketika Dinasti Ming memerintah China (dari 1368 hingga 1644). (Baca juga; Ulat Pemakan Daun Ternyata Berperan Penting Meningkatkan Kualitas Air )

7. Karang Hitam: Berusia 4.000 Tahun Lebih
10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Karang terlihat seperti bebatuan dan tumbuhan bawah air yang berwarna-warni, tetapi sebenarnya mereka terdiri dari kerangka luar invertebrata yang disebut polip. Polip ini terus berkembang biak dan menggantikan diri mereka dengan membuat salinan identik secara genetik. Seiring waktu menyebabkan struktur rangka luar karang tumbuh lebih besar dan lebih besar. (Baca juga; 3 Spesies Hiu Ditemukan di Sungai Thames London )

Oleh karena itu, karang terdiri dari beberapa organisme yang identik daripada menjadi satu organisme, seperti Hiu Greenland atau Kerang Quahog Laut. Karang dapat hidup selama ratusan tahun atau lebih, tetapi karang hitam air dalam (Leiopathes sp.) termasuk di antara karang yang hidup paling lama. Spesimen Karang Hitam yang ditemukan di lepas pantai Hawaii berusia 4.265 tahun.

8. Spons Kaca: Berusia 10.000 Tahun Lebih
10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Spons terdiri dari koloni hewan, mirip dengan karang dan dapat hidup selama ribuan tahun. Spons kaca adalah salah satu spons hidup terpanjang di Bumi. Anggota kelompok ini sering ditemukan di laut dalam dan memiliki kerangka yang menyerupai kaca, sesuai nama mereka.

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Geology memperkirakan spons kaca milik spesies Monorhaphis cuni berusia sekitar 11.000 tahun. Spesies spons lain mungkin bisa hidup lebih lama. (Baca juga; Apa Perbedaan Buaya dan Aligator? )

9. Ubur-Ubur Turritopsis Dohrnii: Berpotensi Hidup Selamanya
10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Turritopsis Dohrnii disebut ubur-ubur abadi karena berpotensi hidup selamanya. Ubur-ubur memulai hidup sebagai larva, sebelum menetap di dasar laut dan berubah menjadi polip. Setelah menjadi polip kemudian menghasilkan medusa yang berenang bebas, atau ubur-ubur.

Menurut American Museum of Natural History, Turritopsis Dohrnii dewasa sangat istimewa karena dapat berubah kembali menjadi polip jika rusak secara fisik atau kelaparan. Kemudian kembali menjadi ubur-ubur. (Baca juga; Ini Rahasia Mengapa Anak Bebek Berenang di Belakang Induknya )

Ubur-ubur, yang berasal dari Laut Mediterania, dapat mengulangi prestasi membalikkan siklus hidup mereka beberapa kali dan karena itu mungkin tidak pernah mati karena usia tua. Turritopsis Dohrnii berukuran kecil sekitar 0,2 inci (4,5 milimeter), yang mengancam kehidupan ubur-ubur adalah dimakan hewan lain seperti ikan.

10. Hydra: Juga Berpotensi Immortal
10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Hydra adalah sekelompok invertebrata kecil dengan tubuh lunak yang terlihat sedikit seperti ubur-ubur. Seperti Turritopsis Dohrnii, Hydra juga berpotensi untuk hidup selamanya. Hydra tidak menunjukkan tanda-tanda memburuk seiring bertambahnya usia.

Invertebrata ini sebagian besar terdiri dari sel induk, yang terus beregenerasi melalui duplikasi atau kloning. Hydra berpotensi hidup selamanya dalam kondisi alami, kecuali jika ada ancaman dari predator dan penyakit. (Baca juga; Bayi Gajah di Aceh Mati Setelah Kehilangan Separuh Belalainya )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)