10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk

Rabu, 17 November 2021 - 21:45 WIB
Rockfish Rougheye (Sebastes aleutianus) menurut Washington Department of Fish and Wildlife adalah salah satu ikan hidup terpanjang dan memiliki umur maksimum setidaknya 205 tahun. Ikan berwarna merah muda atau kecokelatan ini hidup di Samudera Pasifik dari California hingga Jepang.

Mereka tumbuh sepanjang 38 inci (97 centimeter) dan memakan hewan lain seperti udang dan ikan yang lebih kecil. Menurut Committee on the Status of Endangered Wildlife in Canada (COSEWIC), ikan ini termasuk spesies yang terancam punah. (Baca juga; Peneliti Temukan Rahasia Panjang Umur dalam DNA Ikan Rockfish )

3. Kerang Mutiara Air Tawar: Berusia 250 Tahun Lebih



Kerang Mutiara Air Tawar (Margaritifera margaritifera) adalah bivalvia yang menyaring partikel makanan dari air. Mereka hidup di sungai, seperti sungai di Eropa dan Amerika Utara, termasuk AS dan Kanada. Menurut World Wildlife Fund (WWF) Kerang Mutiara Air Tawar tertua diketahui berusia 280 tahun.

Invertebrata ini memiliki rentang hidup yang panjang berkat metabolismenya yang rendah. Namun, Kerang Mutiara Air Tawar adalah spesies yang terancam punah. Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) populasi Kerang Mutiara Air Tawar menurun karena berbagai faktor, termasuk kerusakan dan perubahan habitat sungai.

4. Hiu Greenland: Berusia 272 Tahun Lebih



Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) hidup jauh di lautan Arktik dan Atlantik Utara. Menurut St Lawrence Shark Observatory di Kanada Hiu Greenland dapat tumbuh sepanjang 24 kaki (7,3 meter). Hiu Greenland memangsa berbagai hewan lain, termasuk ikan dan mamalia laut seperti anjing laut,

Sebuah studi tahun 2016 yang dimuat dalam Jurnal Science, Hiu Greenland, memiliki umur maksimum setidaknya 272 tahun. Hiu terbesar dalam penelitian itu diperkirakan berusia sekitar 392 tahun dan para peneliti menduga hiu itu mungkin berusia 512 tahun. (Baca juga; 3 Spesies Hiu Ditemukan di Sungai Thames London )
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More