10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Selasa, 07 Desember 2021 - 20:01 WIB


Airbus A300-600 Super Transporter, biasa disebut Beluga, dirancang khusus untuk mengangkut bagian-bagian pesawat yang besar, mirip dengan Dreamlifter. Memasuki layanan pada tahun 1995, pesawat ini menggantikan Super Guppy, melayani kebutuhan Eropa untuk kargo udara besar.

Bagian yang berbeda dari pesawat dirancang dan dibangun oleh para insinyur Airbus di seluruh Eropa, di negara-negara termasuk Inggris, Jerman, Prancis, dan Spanyol. Payload bay sepanjang 124 kaki dapat membawa hampir 52 ton.

8. Airbus BelugaXL



Selain Beluga, ada paus yang lebih besar lagi yaitu BelugaXL. Dikembangkan pada tahun 2014, BelugaXL sejak pertama beroperasi sampai 2020 sudah lebih menjalani 200 uji penerbangan. Pesawat ini memiliki panjang 206 kaki dan memiliki penampang terbesar dari semua pesawat kargo di dunia.

BelugaXL memiliki ukuran sayap yang lebih besar dibandingkan Beluga. Sepasang mesin turbofan Rolls-Royce Trent 700 membantu menjaga pesawat raksasa itu mengudara.

9. Boeing 747



Boeing telah membangun lebih dari 1.500 Boeing 747 dan berfungsi sebagai pesawat penumpang maupun kargo terbesar di dunia, pusat komando militer di angkasa, Air Force One, dan pengangkat pesawat ulang-alik serta penerbang teleskop inframerah untuk NASA. Bahkan, Iron Maiden memiliki satu yang disebut Ed Force One.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More