10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Selasa, 07 Desember 2021 - 20:01 WIB
Super Guppy pertama dibangun dari pesawat Boeing C-97 Stratofreighter, yang pertama kali terbang pada tahun 1965. Pesawat kargo turboprop ini sebagian besar digantikan oleh Airbus Beluga untuk pengiriman kargo besar.

Namun, NASA masih mengoperasikan Super Guppy karena dinilai ideal untuk mengangkut pesawat ruang angkasa dan komponen roket. Saat ini hanya ada satu unit Super Guppy yang dioperasikan oleh NASA. (Baca juga; Bakal Perkuat TNI AU, Ini Perbandingan Airbus A400M dengan Hercules C-130 )

3. C-5 Galaxy Lockheed



Dengan kapasitas angkut hampir 135 ton, C-5 Galaxy adalah pesawat terbesar yang secara rutin dioperasikan oleh militer AS. C-5 memiliki ruang kargo yang cukup untuk membawa dua tank M1 Abrams, 16 Humvee, tiga Black Hawk, atau berbagai kendaraan lainnya. (Baca juga; Angkatan Udara Inggris Sukses Terbangkan Pesawat Gunakan Bahan Bakar Sintetis )

Tanpa kargo, C-5 Galaxy dapat terbang hingga 7.000 mil tanpa pengisian bahan bakar. Ini menjadikannya pengangkut udara militer jarak jauh di dunia. Ini sangat mendukung operasional Angkatan Udara AS untuk mengangkut barang secara cepat.

4. Boeing 747 Dreamlifter



Pada tahun 2000-an, Boeing merasa membutuhkan pesawat kargo dengan penyimpanan yang sangat besar untuk mengangkut komponen 787 Dreamliner, yang suku cadangnya dibuat di seluruh dunia. Solusinya adalah mengambil pesawat terbesarnya, 747, dan membangun ruang kargo khusus di sekitarnya.

Dengan volume 65.000 kaki kubik, Dreamlifter memiliki ruang kargo terbesar di dunia, mampu membawa tiga kali volume kargo 747-400F. Keempat Dreamlifter buatan Boeing ini juga menggunakan loader kargo terpanjang di dunia dan mampu mengangkut muatan hingga 125 ton. (Baca juga; United Airlines Cetak Sejarah, Pakai BBM Campuran Minyak Nabati )
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More